TMMD Ke 106, Beri Penyuluhan Koperasi Dan UKM Untuk Masyarakat - suarajombang.net

Terbaru

Senin, 14 Oktober 2019

TMMD Ke 106, Beri Penyuluhan Koperasi Dan UKM Untuk Masyarakat




WONOSALAM -  Program TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) merupakan program terpadu lintas sektoral antara TNI, Kementerian/Lembaga Pemerintah non Kementerian serta Pemerintah Daerah serta komponen bangsa lain dengan tujuan untuk meningkatkan akselerasi kegiatan pembangunan di daerah pedesaan.

Hal ini seperti pada Selasa, 15 Oktober 2019 yang menggelar kegiatan penyuluhan Koperasi UKM Jombang di balai desa Galengdowo, kecamatan Wonosalam.

Riyati SIP selaku Tim penyuluh dari Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Jombang mengatakan, “ Dalam penyuluhan ini pihaknya menjelaskan berbagai hal dan syarat untuk mendirikan sebuah koperasi bersama. Nantinya untuk akte pendirian koperasi akan diajukan ke pemerintah pusat melalui notaris yang telah ditunjuk." Kalau untuk akte pendirian memang kewenangannya ditarik pemerintah pusat, kita melakukan fungsi kita sebagai pengawas dan penyuluh," katanya.

Dengan adanya program non fisik TMMD tentang penyuluhan koperasi, diharapkan warga akan mendapatkan bantuan permodalan dengan adanya koperasi di desanya kelak.

Hal ini lebih baik untuk pedagang daripada mengutang kepada rentenir yang membebani bunga cukup tinggi. Kegiatan yang di ikuti rata-rata dari kaum ibu-ibu ini sangat antusias memahami apa yang dikatan penyuluh.

Faiqotul Himmah tenaga ahli dari Dinas Koperasi dan UKM Jatim mengatakan, Kami mewakili dari Dinas KOPERASI dan KUMKM Provinsi Jatim menucapkan terima kasih kepada Bapak bapak TNI yang mana telah memberikan kesempatan kepada saya untuk melaksanakan penyuluhan tentang Koperasi di desa Galengdowo ini.

Di Wonosalam ini sangat banyak buah buahan dan peternakan sapi perah yang bila di kelola dengan baik bisa menghasilkan uang, dari itu semua bisa membentuk kelompok Koperasi yang nantinya bisa meningkatkan taraf hidup warga Galengdowo ini khususnya dan warga jombang pada umumnya. (Yud)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar