Tumpengan Manggis, Ungkapan Syukur Warga Desa Jarak Kecamatan Wonosalam - suarajombang.net

Terbaru

Minggu, 24 Maret 2019

Tumpengan Manggis, Ungkapan Syukur Warga Desa Jarak Kecamatan Wonosalam

Wonosalam - Setelah sebelumnya menggelar kenduren durian, satu lagi destinasi wisata di Kecamatan Wonosalam kembali digelar. Kali ini salah satu Desa yang berada di Kecamatan Wonosalam yakni Desa Jarak menggelar agenda sedekah desa yang dinamakan ‘Tumpengan Manggis’. Agenda ini pun di gelar pada, Minggu 24/03/19 di Lapangan Desa Jarak.  

( Tumpengan manggis Salah Satu Destinasi Wisata di Wonosalam )
Tampak ratusan warga saling berdesakan dan berebut manggis yang dilemparkan oleh panitia dari atas tumpeng “raksasa”. Tak hanya itu, warga juga menyerbu tumpeng manggis berukuran lebih dari satu meter.

Meski berdesakan berebut manggis, warga mengaku senang bisa turut dalam tradisi tersebut. manggis yang diperoleh nantinya akan dimakan beramai ramai bersama keluarga di rumah.

Kepala Desa Jarak Agus Darminto menuturkan, agenda ini diselenggarakan lantaran buah manggis merupakan komoditi unggulan Desa Jarak. Ini juga merupakan bentuk ungkapan rasa syukur karena panen yang melimpah.

“Desa kami mempunyai potensi buah manggis yang luar biasa. Saat ini para petani lebih fokus ke buah manggis, sebab penghasilannya sangat bagus,” ucapnya.

Sedangkan tujuannya, lanjut Agus, adalah sebagai wujud syukur sekaligus menjadi daya tarik wisata. “Ini juga untuk meningkatkan ekonomi dan daya tarik wisata di Wonosalam,” pungkasnya.

Sedangkan berapa banyak manggis yang disiapkan? Kades Agus Darmianto, mengatakan pihaknya menyiapkan sebanyak 2 ton 19 kilogram manggis disusun yang menjadi gunungan.

“Untuk tradisi menyesuaikan dengan tahunnya. Untuk tahun ini 2019, jadi manggisya sebanyak 2 ton 19 kilo,” terang pria yang akrab disapa Agus ini pada sejumlah jurnalis. (*)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar