Ratusan Siswa PAUD Ikuti Lomba Kolase, Ini Manfaatnya - suarajombang.net

Terbaru

Selasa, 19 Maret 2019

Ratusan Siswa PAUD Ikuti Lomba Kolase, Ini Manfaatnya

Jombang - Kantor Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Jombang menggelar Lomba Kolase dengan tema “Aku Cinta Perpustakaan” Selasa (19/3/19) di Halaman Kantor Pemkab Jombang. Lomba ini diikuti ratusan siswa PAUD se Kabupaten Jombang.  
 ( Kolase mampu menstimulus kemampuan motorik halus anak, meningkatkan kreativitas anak, melatih konsentrasi anak) 
Agus Purnomo, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Jombang menyampaikan, kegiatan lomba kolase diharapkan mampu menghasilkan anak-anak Jombang yang memiliki kemampuan dan daya kreatifitas yang tinggi diberbagai bidang nantinya. 

Dikatakan Agus, Bahwa Kolase menjadi teknik yang memungkinkan anak untuk mengoptimalkan seluruh media agar menjadi karya yang utuh. Dari segi dana, aktivitas kolase cukup murah karena bisa memanfaatkan bahan-bahan yang ada dilingkungan sekitar.

“Bahan-bahan yang digunakan untuk karya seni kolase dapat berupa bahan alam, bahan bekas dan bahan olahan yang aman dilakukan oleh anak,”terangnya.

Agus Purnomo mengatakan ada Sembilan manfaat kolase diantaranya untuk menstimulus kemampuan motorik halus anak, meningkatkan kreativitas anak, melatih konsentrasi anak.

Selain itu, anak dapat mengenal warna dan menambah kosa kata. Anak dapat mengenal bentuk geometri dan yang bukan geometris. Melatih anak untuk menyelesaikan masalah lewat permaian kolase. Mengasah kecerdasan spesial anak. Melatih ketekunan pada anak. Dan meningkatkan kepercayaan diri pada anak.

Dalam pembuatan Kolase memerlukan kesabaran yang tinggi dan ketrampilan menyusun, menempel, merangkai. Anak-anak yang didampingi guru juga orangtuanya ini tampak dengan sabar menggunting dan menempelkan kertas kertas warna warni yang telah mereka kerjakan pada sebuah gambar Besut yang telah disediakan panitia.

Pada lomba kolase ini, anak-anak menempelkan guntingan kertas pada sebuah gambar Besut yang tengah membawa Buku. Mereka diberikan alokasi waktu 120 menit untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut.

Untuk diketahui, Kolase adalah teknik menempel berbagai macam unsur kedalam satu frame, sehingga menghasilkan satu karya seni yang baru. Kreasi aplikasi yang dibuat dengan menggabungkan teknik melukis (lukisan tangan) dengan menempelkan bahan-bahan tertentu.

Dengan kolase tersebut, anak dapat menggerakan jari-jarinya untuk menempel dan mengkoordinasikan gerakan mata dan tangannya. Dengan demikian terbentuk suatu karya seni yang dapat menstimulus perkembangan motorik halus anak usia dini.

Kolase juga melatih ketelitian anak dengan menempelkan satu persatu bahan kolase agar menjadi karya seni yang indah dan rapi. Juga dapat meningkatkan kemampuan kreativitas anak. 
 
( Beri motivasi, Bupati Jombang menyaksikan para peserta saat membuat kreasi kolase )
Bupati Jombang, Hj. Mundjidah Wahab, hadir untuk melihat anak-anak usia emas ini mengikuti lomba kolase. “Alhamdulillah, ini merupakan kegiatan yang sangat positif bagi anak-anak untuk menumbuhkan imajinasi juga kreatifitas dan inovasi mereka,”Ucapnya.

Bupati menyampaikan terima kasih atas antusias para peserta dan pendamping. “Semoga kelak kalian menjadi orang-orang yang sukses, menjadi anak-anak yang sehat, cerdas, berakhlaqul karimah, berbudi pekerti yang luhur, menjadi orang yang bermanfaat bagi bangsa dan Negara, khususnya bagi Kabupaten Jombang”, tutur Bupati Jombang, Hj. Mundjidah Wahab yang diamini para orangtua dan guru pendamping.

Selain Bupati, tampak Sekda dan para Kepala OPD hadir untuk menyaksikan lomba ini. (*)



Editor : Jodhie

Tidak ada komentar:

Posting Komentar