Pemkab Jombang Kini Miliki “Jombang Command Center”, Apa Itu ? - suarajombang.net

Terbaru

Kamis, 03 Januari 2019

Pemkab Jombang Kini Miliki “Jombang Command Center”, Apa Itu ?

SUARAJOMBANG.NET - Pemerintah Kabupaten Jombang kini memiliki Sistem Jombang Command Center (JCC). Yakni seperangkat layar monitor berukuran besar yang berisi sistem aplikasi yang terintegrasi ke seluruh OPD di lingkungan Pemkab Jombang.

Seperangkat alat tersebut telah terpasang di salah satu ruang lantai bawah kantor Pemkab Jombang, (ruang Kartini) yang ada di Jl KH Wahid Hasyim 137, Kabupaten Jombang. Dengan demikian, melalui sistem ‘Jombang Command Center’ ini kepala daerah setiap saat bisa langsung melakukan pemantauan kinerja OPD.
 
( Wakil Bupati Jombang, Dandim 0814/Jombang dan Kepala Dinas Kominfo pantau Jombang Command Center )
Budi Winarno Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Jombang sistem Jombang Command Center ini merupakan rekomendasi dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Jadi ini sesuai dengan rekomendasi dari KPK. Salah satunya menerapkan sistem dan aplikasi," ujar Budi, Rabu (2/1) saat mendampingi Wakil Bupati Jombang dan Forkopimda memantau ruang JCC.

Sistem Jombang Command Center ini dirancang khusus untuk memantau kinerja dari seluruh OPD Kabupaten Jombang. Mulai dari pelaksanaan kegiatan sampai dengan laporan kegiatan bisa dilakukan pemantauan melalui sistem tersebut.

"Memang Jombang Command Center ini merupakan sarana kepala daerah untuk memantau kinerja di masing-masing OPD," tandasnya.

Sedangkan aplikasi di dalam Jombang Command Center tersebut akan diintegrasikan dengan seluruh OPD. Di dalamnya berisi tentang perencanaan kegiatan sampai dengan audit.

"Artinya, integrasi sistem dan aplikasi mulai perencanaan, penganggaran, sampai dengan audit, dan pelayanan terhadap masyarakat," beber Budi Winarno.

Tidak berhenti di OPD. Jombang Command Center itu juga nantinya akan terintegrasi sampai ke tingkat pemerintahan desa. Artinya, segala kegiatan di tingkat desa, kepala daerah bisa langsung memantau perencanaan kegiatan maupun laporan dari pemerintah desa.
 
( Bupati Jombang saat melakukan sidak awal tahun di Dispendukcapil )
Bupati Jombang, Hj. Mundjidah Wahab, yang saat itu tengah memantau pelayanan di Dispendukcapil berharap dengan adanya Jombang Command Center seluruh kegiatan OPD hingga yang ada di tingkat desa bisa dipantau.

"Semua tinggal klik saja. Misalnya di Dinas Capil, kami bisa langsung lihat kegiatannya apa. Tidak hanya itu. Kegiatan di kecamatan juga bisa kami akses di situ," tutur bupati Jombang.

Selain itu, Mundjidah berharap agar seluruh OPD segera menyiapkan tenaga IT untuk mengoperasikan sistem yang akan diintegrasikan ke Jombang Command Center.  "Tinggal nanti seluruh OPD ini menyiapkan petugas IT untuk melaporkan segala kegiatannya," pungkas bupati Jombang. (*)



Editor : Jodhie