Bukan Babi Ngepet, Ini Pelaku Aksi Pencurian Yang Meresahkan Warga Perumahan Astapada Dan Tambak Rejo - suarajombang.net

Terbaru

Selasa, 08 Januari 2019

Bukan Babi Ngepet, Ini Pelaku Aksi Pencurian Yang Meresahkan Warga Perumahan Astapada Dan Tambak Rejo


SUARAJOMBANG.NET - Terkuak sudah, siapa pelaku aksi pencurian yang meresahkan warga Perumahan Astapada dan Tambakrejo, Desa Tambakrejo, Kecamatan/Kabupaten Jombang, beberapa waktu lalu. 

Ini menyusul seorang yang diduga merupakan pelakunya akhirnya ditangkap petugas Satuan Reserse Kriminal Polres Jombang, Selasa (8/1/2019). Diketahui, identitas pelaku bernama Suprapto (38) warga Jokerto, Kecamatan Perang, Kabupaten Magetan. Dengan demikian mematahkan asusmsi warga sebelumnya menganggap aksi pencurian itu dilakukan oleh mahluk halus seperti babi ngepet. 
 
( Tim Buser Reskrim Polres Jombang setelah berhasil menangkap pelaku )
Polisi berhasil menangkap pelaku pada Senin (7/1/2019) sore di rumahnya di Magetan. Kasat Reskrim Polres Jombang, AKP Gatot Setyobudi mengatakan, pelaku berhasil ditangkan setelah dilakukan upaya penyelidikan cukup lama.

Penangkapan tersebut berawal dari laporan salah seorang warga bernama Ari Budiarjo (38) warga Desa Mojokrapak, Tembelang, yang mengaku kehilangan sebuah telepon genggam pada awal bulan Desember lalu.

“Dari tangan pelaku kami sita barang bukti sebuah HP yang mana imei sesuai yang dilaporkan warga ke polisi, kemudian setelah dilakukan interogasi, pelaku juga sudah mengakui semuanya,” ujar Gatot, Selasa (8/1/2019).

Kronologis Aksi Pencurian

( Ternyata Bukan babi ngepet, Pelaku saat diamankan Petugas Polres Jombang )
Dijelaskan Kasat Reskrim Polres Jombang, AKP Gatot Setyobudi, pelaku mengaku masuk ke rumah warga dengan cara memanjat dinding tembok kemudian naik ke atas genting. Pelaku terus berjalan di atas genting mencari sasaran rumah yang berlantai dua. Kata Gatot, pelaku baru masuk kerumah yang rata-rata pintu lantai dua tersebut tidak dikunci.

“Sehingga kemudian dia bisa leluasa mengambil uang dan barang di rumah itu,” bebernya.

Dari situ Polisi terus melakukan pengembangan terhadap kasus pencurian yang sempat meresahkan warga dilingkungan sejumlah perumahan ini. Pelaku yang sehari-hari merupakan seorang petani ini masih dilakukan pemeriksaan intensif oleh petugas Satreskrim Polres Jombang.

Atas perbuatanya, pelaku bisa dijerat dengan pasal tentang pencurian pemberatan. “Diduga melanggar pasal 363 ayat1 ke 3e KUHP,”tandasnya.

Seperti diketahui, dalam waktu satu bulan terakhir, warga yang tinggal di perumahan Astapada dan Tambakrejo, Jombang dibuat resah dengan maraknya aksi pencurian yang dialami beberapa warga setempat.

Warga bahkan sempat beranggapan bahwa pelaku pencurian itu dilakukan seseorang tidak dengan sewajarnya. Melainkan dengan ilmu gaib atau mahluk halus. Anggapan inipun sempat viral di Media Sosial yang mereka menyebutnya adalah babi ngepet. (*)




Editor : Jodhie