Inilah Tiga Menteri Era Presiden Gus Dur Yang Bakal Hadir Pada Haul Gus Dur Ke-9 - suarajombang.net

Terbaru

Kamis, 13 Desember 2018

Inilah Tiga Menteri Era Presiden Gus Dur Yang Bakal Hadir Pada Haul Gus Dur Ke-9

SUARAJOMBANG.NET - Tiga mantan menteri era Gus Dur presiden akan hadir dalam acara Peringatan 9 tahun wafatnya KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur yang bakal digelar di pesantren Tebuireng Jombang pada Minggu 16 Desember 2018.

Hal ini seperti yang diungkapkan salah satu panitia Haul Gus Dur ke-9 yang juga pengurus pesantren Tebuireng Teuku Azwani, bahwa mantan para menteri di era Gus Dur tersebut sudah menyatakan kesiapannya untuk hadir pada puncak peringatan haul Gus Dur ke-9 di pesantren Tebuireng.

Ketiga mantan menteri tersebut adalah Kwik Kuan Gie (Menko Perekonomian era Gus Dur), Bondan Gunawan (Mensesneg era Gus Dur) serta Wahyu Muryadi (Kepala Protokol Istana era Gus Dur).

“Ketiga tokoh tersebut akan hadir di Tebuireng pada pada puncak acara haul pada Minggu (16/12/2018) malam,”ujar Aswani, Kamis (13/12/2018).

Azwani menambahkan, satu tokoh lagi yang hadir pada acara tersebut adalah Imam Besar Masjid Istiqlal, Prof KH Nasaruddin Umar. "Pak Nasaruddin akan menyampaikan ceramah agam. Sedangkan tiga mantan menteri akan menyampaikan testimoni," kata santri asal NAD (Nangroe Aceh Darussalam) ini.

Secara umum, lanjut Azwani, Haul Gus Dur ke-9 ini tidak berbeda dengan tahun sebelumnya. Yakni, terbuka untuk umum. Seluruh masyarakat dipersilakan hadir untuk mengikuti pembacaan tahlil.

Meski puncak acara pada Minggu (16/12/2018), namun rangkaian kegiatan dimulai pada Jumat (14/12/2018) malam. Yakni, penampilan ISHARI (seni hadrah) di Masjid Ulul Albab Tebuireng. Selanjutnya, pada Minggu pagi atau selepas subuh dilaksanakan khotmil Quran 100 majlis.

Gus Dur meninggal pada 30 Desember 2009. Mantan presiden itu dimakamkan di komplek pemakaman keluarga pesantren Tebuireng berdampingan dengan ayahnya, KH Wahid Hasyim, dan kakeknya, Hadratusyaikh KH Hasyim Asyari. Selain mantan Presiden RI ke-4, Gus Dur juga pernah menjabat sebagai Ketua Umum PBNU (Pengurus Besar Nahdlatul Ulama). (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar