Terus Dorong Minat Baca, Pemkab Jombang Getol Sosialisasikan Gerakan Literasi - suarajombang.net

Terbaru

Rabu, 21 November 2018

Terus Dorong Minat Baca, Pemkab Jombang Getol Sosialisasikan Gerakan Literasi

SUARAJOMBANG.NET - Pemerintah Kabupaten Jombang melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan kian getol untuk menumbuhkan minat baca pada masyarakat Jombang. Hal ini seperti yang terlihat pada acara Sosialisasi Gerakan Literasi di Kabupaten Jombang, Rabu (21/11/2018) di Ruang Bung Tomo Pemkab. Sosialisasi yang diikuti para perwakilan organisasi pemerintah daerah (OPD) ini menghadirkan nara sumber Kepala Dinas Perpustakaan Dan Kearsiapan (DPA) Provinsi Jawa Timur.  
( Abdul Hamid Kepala DPA Provinsi Jawa Timur saat memberikan materi tentang literasi )
Agus Purnomo, Kepala Dinas Perpustakaan Dan Kearsiapan (DPA) Kabupaten Jombang mengatakan sosialisasi gerakan literasi ini bertujuan untuk menumbuh kembangkan budaya membaca, menumbuhkan kembangkan pendidikan sepanjang hayat dan mengembangkan minat baca masyarakat.

Sosialisasi grakan literasi ini digelar selama tiga hari, yakni 21-21 Nopember 2018. “Kegiatan sosialisasi dilaksanakan tiga dengan peserta yang berbeda mulai dari para OPD, lingkup dinas pendidikan sampai nanti para perangkat desa se Kabupaten Jombang,”beber Agus.

Hartono Asisten Umum Setdakab Jombang yang membuka kegiatan ini menyampaikan literasi merupakan kemampuan individu untuk mengolah dan memahami informasi saat membaca dan menulis. Literasi, menurutnya tak sekedar kemampuan baca tulis, oleh karena itu, literasi tidak terlepas dari ketrampilan bahasa yaitu pengetahuan bahasa tulis dan lisan yang memerlukan serangkaian kemampuan kognitif, pengetahuan tentang genre dan kultural dan digital.

Hartono berharap ke depan di setiap Organisasi Perangkat Daerah Pemerintah Kabupaten Jombang untuk menyediakan sarana dan prasarana untuk memenuhi kebutuhan informasi berupa sudut baca beserta alat kelengkapannya.

Narasumber yang dihadirkan pada Sosialisasi ini adalah Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur Abdul Hamid. Ia menyampaikan gerakan literasi untuk organisasi perangkat daerah salah ap OPD mempunyai ruang baca atau sudut baca untuk pegawai di Lingkup Pemerintah Kabupaten Jombang.

Lebih jauh, Abdul Hamid mengatakan bahwa pendidikan dan literasi merupakan dua hal yang sangat penting dan tidak bisa dipisahkan dan merupakan suatu kebutuhan bagi setiap individu pelaksana pendidikan dalam upaya menumbuhkan budi pekerti siswa. Terutama guru dan siswa memiliki budaya membaca dan menulis sehingga tercipta pembelajaran sepanjang hayat. (*)



Editor : Jodhie