Pemkab Jombang Sosialisasikan Penetapan Dan Penegasan Batas Desa - suarajombang.net

Terbaru

Senin, 26 November 2018

Pemkab Jombang Sosialisasikan Penetapan Dan Penegasan Batas Desa

SUARAJOMBANG.NET - Pemerintah Kabupaten Jombang melakukan sosialiasi penetapan dan penegasan batas desa. Sosialisasi digelar di Ruang Bung Tomo Pemkab Selasa (27/11/18) yang diikuti para Camat, Kasi Tata Pemerintahan Kecamatan serta para Kepala Desa/Lurah se Kabupaten Jombang. Sedangkan narasumber yang dihadirkan adalah Kasi Surdatatop Kodam V Brawijaya.  
( Para Kepala desa/Lurah se Kabupaten Jombang saat Sosialisasi Batas Desa)
Bupati Jombang Hj.Mundjidah Wahab saat membuka sosialisasi ini mengatakan penetapan dan penegasan batas desa bertujuan untuk menjamin kepastian atas ruang. Karena kepastian ruang adalah landasan bagi perencanaan pembangunan yang efektif serta sebagai upaya mengoptimalkan pemanfaatan penggunaan sumber keuangan di desa. Karena desa hanya dapat membiayai pembangunan yang jelas berada di wilayahnya dan merupakan kewenangannya.

Lebih lanjut Bupati menjelaskan penetapan dan penegasan batas desa merupakan instrumen untuk menciptakan tertib administrasi pemerintahan, memberikan kejelasan dan kepastian hukum terhadap batas wilayah suatu desa yang memenuhi aspek teknis dan yuridis. pemenuhan aspek teknis dan yuridis ini penting agar peta yang kita susun dapat kita pertanggungjawabkan.

“Oleh sebab itu dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan para aparatur pemerintahan khususnya para kepala desa/ Lurah dapat memperoleh pengetahuan dan pemahaman mengenai penetapan dan penegasan batas desa, khususnya yang masuk dalam kawasan hutan sehingga pelaksanaan penyelenggaraan pembangunan pemerintahan da[at berjalan dengan baik sesuai dengan harapan demi peningkatan kesejahteraan masyarakat desa,”pungkas Bupati.

Pada kesempatan ini juga di laksanakan penandatanganan kerjasama Topdam atau Topografi Komando Daerah Militer V Brawijaya tentang penetapan dan penegasan batas desa, kelurahan dan kecamatan. Serta pelaksanaan survey dan pemetaan pembakuan nama rupa bumi di Kabupaten Jombang. (*)





Editor : Jodi