HBA ke 58 Dan HUT IAD Ke XVIII, Kejaksaan Negeri Jombang Tanam Pohon Dan Pembuatan Lubang Biopori - suarajombang.net

Terbaru

Kamis, 12 Juli 2018

HBA ke 58 Dan HUT IAD Ke XVIII, Kejaksaan Negeri Jombang Tanam Pohon Dan Pembuatan Lubang Biopori


SUARAJOMBANG.NET - Memperingati Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke 58 dan hari Ulang Tahun Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) ke XVIII Tahun 2018, Kejaksaan Negeri Jombang menggelar kegiatan penghijauan dan pembuatan lubang resapan biopori di Halaman Kantor setempat, Kamis (12/7/18). 
(Kajari Jombang memimpin pembuatan lubang resapan biopori)
“Pembuatan lubang biopori ini berguna sebagai peresapan air ketika musim penghujan nanti. Jadi nantinya air akan masuk ke lubang tersebut sehingga bisa menghindari genangan,”beber Ny.Rukmintasari Syafiruddin Ketua IAD Daerah Jombang disela pembuatan lubang resapan ini.

Senada dengan Ketua IAD, Syafiruddin SH,MH Kepala Kejari Jombang mengatakan bahwa salah satu upaya untuk mengurangi resiko banjir adalah dengan meningkatkan daya resap tanah terhadap air.

“Hal tersebut dapat dilakukan dengan membuat lubang resapan biopori, yaitu lubang yang dibuat secara vertikal ke dalam tanah yang dimaksudkan untuk meningkatkan daya resap air sehingga mampu mengurangi genangan air,”tandasnya. 
( Tak kalah, Ketua IAD Daerah Jombang juga turut melakukan pembuatan lubang resapan biopori )
Dengan menggunakan alat pengeboran tanah manual, para ibu ini secara bergantian melubangi tanah sebelum nantinya ditutup dengan tutup yang berlubang. Sehingga memungkinkan air bisa masuk kelubang sedalam 1 meter ini. Pun demikian dengan para bapak secara bergantian melubangi tanah yang telah ddisiapkan untuk lubang peresapan ini. 
( Tak hanya pembuatan lubang resapan biopori,  di Taman Kejari Jombang juga dilakukan penanaman pohon untuk penghijauan )
Selain pembuatan lubang resapan biopori, kegiatan pagi itu dilakukan dengan penghijauan. Yakni dengan melakukan penanaman pohon. Pohon pohon tersebut ditaman persis di taman yang berada dihalaman kantor Kejari.

“Selain membuat lubang resapan biopori, hari ini kita lakukan penanaman pohon ketapang, semoga nantinya pohon ini bisa menjadi pengayom bagi kita semua,”harap Syafiruddin usai menanam pohon hasil sumbangan Dinas Lingkungan Hidup Jombang. (*)




Reporter : Jodhie