Peringatan Nuzulul Quran Bersama KH.Chusein Ilyas - suarajombang.net

Terbaru

Jumat, 01 Juni 2018

Peringatan Nuzulul Quran Bersama KH.Chusein Ilyas

 
( Para Jamaah langsung berebut salaman dengan KH.Chusein Ilyas seusai acara )
SUARAJOMBANG.NET
- Alquran diturunkan pada bulan Ramadan dengan banyak tujuan. ’’Diantaranya ada tiga,’’ kata KH Chusein Ilyas Mojokerto kala ngisi peringatan Nuzulul Quran di Masjid Agung Baitul Mukminin Alun-Alun Jombang, Kamis (31/5/2018) seraya mengutip QS Albaqarah 18.

Pertama sebagai hudan atau kesadaran. Orang yang membaca Alquran kesadarannya akan semakin tinggi.

’’Contohnya Sayidina Umar bin Khotob,’’ tuturnya. Mulanya dia sangat memusuhi Islam. Bahkan kala mendengar sang adik yang bernama Fatimah masuk Islam, dia hendak membunuhnya. Namun begitu mendengar sang adik membaca QS Toha 1-3.

Thaahaa. Kami tidak menurunkan Al Quran ini kepadamu agar kamu menjadi susah; tetapi sebagai peringatan bagi orang yang takut kepada Allah.

Seketika itu Umar langsung sadar dan masuk Islam.

Keislaman Umar bahkan sangat luar biasa. Sampai-sampai setan takut kepadanya. Bahkan ketika Umar tidur di masjid, setan pun lari ketakutan meninggalkan masjid. ’’Nabi Muhammad SAW memberi julukan Alfaruq, sehingga selama hidupnya, setan tidak berani mendekat kepada sayidina Umar,’’ jelasnya.

Kedua Alquran sebagai bayinat atau keterangan-keterangan. Diantaranya adalah keterangan tentang Firaun yang ditenggelamkan namun jasadnya diabadikan. Sebagaimana disebutkan dalam QS Yunus 92. Maka pada hari ini Kami selamatkan badanmu supaya kamu dapat menjadi pelajaran bagi orang-orang yang datang sesudahmu dan sesungguhnya kebanyakan dari manusia lengah dari tanda-tanda kekuasaan Kami.

Ketiga Alquran sebagai Alfurqon alias hukum-hukum. Diantaranya QS Albaqarah 183-184 yang menjelaskan hukum wajibnya puasa. Serta bolehnya tidak puasa bagi orang yang dalam perjalanan atau sakit, namun diwajibkan mengganti puasa pada hari yang lain.

’’Kalau jenengan ingin diperbolehkan tidak puasa, ya silahkan sakit. Kecuali sakit hati,’’ ucapnya disambut tawa jamaah. (Jod)