Libur Lebaran, RSUD Jombang Siapkan 3 Kamar Operasi di IRD, 34 Puskesmas Tetap Berikan Pelayanan - suarajombang.net

Terbaru

Kamis, 07 Juni 2018

Libur Lebaran, RSUD Jombang Siapkan 3 Kamar Operasi di IRD, 34 Puskesmas Tetap Berikan Pelayanan


SUARAJOMBANG.NET - Pemerintah pusat telah memutuskan jumlah hari cuti bersama serta libur Lebaran 2018 selama 10 hari, yakni 11-20 Juni 2018. Namun Liburan lebaran tidak membuat RSUD Jombang mengendurkan pelayanan.

Justru sebaliknya, rumah sakit pelat merah ini meningkatkan kewaspadaan dan pelayanan. Hal itu mengingat tren kecelakaan selalu tinggi pada masa mudik dan balik lebaran.
     

"Untuk itu, kami menyiapkan tiga kamar operasi di ruang IRD (Instalasi Rawat Darurat). Karena berdasarkan pengalaman pada tahun-tahun sebelumnya, banyak terjadi kecelakan semalam arus mudik dan balik," kata Direktur RSUD Jombang dr.Puji Umbaran, Kamis (7/6/2018).
  

Puji menjelaskan, selain penyediaan fasilitas, pihaknya juga melakukan pelayanan maksimal. Betapa tidak, meski dalam masa cuti lebaran, pekan depan. Namun tidak semuan pegawai rumah sakit diliburkan. Mereka harus masuk secara bergiliran. Termasuk, tenaga medis spesialis dan umum.
  

"Penyediaan farmasi juga kita siapkan. Kemudian tenaga medis dan perawat juga demikian. Artinya, mereka libur secara bergantian atau bergiliran. Namun demikian, saat libur lebaran yang cukup panjang, kita tidak menambag tenaga. Karena pegawai di RSUD masih mencukupi," pungkas Puji.  

34 Puskesmas Di Jombang Tetap Buka Selama Lebaran 

Begitu juga dengan 34 Puskesmas di Jombang akan tetap buka guna memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Hal itu ditegaskan Plt Kepala Dinas Kesehatan Jombang dr Puji Umbaran, Kamis (7/6/2018). "Kita sudah menggelar kordinasi. Selama libur lebaran, Puskesmas tetap buka," kata Puji ketika disinggung tentang pelayanan kesehatan selama lebaran.

  

Bahkan, lanjut Puji, untuk Puskesmas yang berada di tepi Jl Raya atau Puskesmas rawat inap buka selama 24 jam. Sedangkan Puskesmas yang tidak berada di tepi Jl Raya buka sesuai dengan jam dinas. Untuk menyiasati itu, pegawai Puskesmas libur secara bergantian.
  

Puji merinci, jumlah Puskesmas di Jombang sebanyak 34 unit. Pusat layanan kesehatan tersebut tersebar di 21 kecamatan. Hanya saja, Puji tidak hafal secara detail berapa jumlah Puskemas yang buka selama 24 jam.
  

"Kalau jumlah Puskemas yang berada di tepi Jl Raya atau buka 24 jam, saya tidak hafal. Contohnya, Puskemas Bandar Kedungmulyo, Perak, Peterongan, Mojoagung, itu yang buka selama 24 jam. Meski libur lebaran, pelayanan tetap kita optimalkan," kata Puji. (*)




Editor    : Jodhie