Selamatkan Keanekaragaman Hayati Indonesia, Pohon Langka dan Endemik di Tanam Di Taman Kehati Jombang - suarajombang.net

Terbaru

Selasa, 15 Mei 2018

Selamatkan Keanekaragaman Hayati Indonesia, Pohon Langka dan Endemik di Tanam Di Taman Kehati Jombang


SUARAJOMBANG.NET – PT. Indonesia Power UPJP. Perak Grati bersama Pemkab Jombang dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menggelar Aksi Tanam Pohon Langka dan Endemik di Taman Keanekaragaman Hayati (KEHATI), Kabupaten Jombang yang merupakan objek kerjasama kegiatan konservasi.

  
Selain DLH dan Perwakilan PT Indonesia Power UPJP, aksi tanam pohon dengan tema “Selamatkan Indonesia, Selamatkan Keanekaragaman Hayati Kita” tersebut juga  diikuti  PDP Panglungan, Penggiat Lingkungan dan Anggota Saka Kalpataru Kabupaten Jombang. 

PAda kegiatan ini peserta aksi melakukan penanaman bibit pohon sebanyak 150 batang yang terdiri dari bibit pohon nyamplung, sarai, trengguli, kueni, duwet, sukun, mojopahit, salam, kelapa wulung dan 5 jenis spesies bambu. Pohon pohon ini merupakan pohon endemik di Jawa Timur yang saat ini semakin langka keberadaannya.

Taman KEHATI yang mulai dibangun pada tahun 2011 pada lahan seluas 15 hektar, terdiri dari 8 blok saat ini memiliki 120 jenis spesies tanaman dan sekitar 2500 tegakan pohon. Pembangunan Taman KEHATI merupakan salah satu upaya konservasi tanaman langka dan endemik khususnya di Jawa Timur.

Dwi Ariani, Kepala Bidang Pengendalian, Pengawasan dan Penegakan Hukum Lingkungan, DLH Jombang, menyampaikan terimakasih atas kepedulian PT. Indonesia Power UPJP. Perak Grati dalam upaya perlindungan konservasi lingkungan melalui pembangunan sarana dan prasarana di Taman KEHATI dan kegiatan aksi tanam pohon bersama Saka Kalpataru ini. 
“Kami, Pemerintah Kabupaten Jombang, sangat optimis, Taman KEHATI dapat membawa manfaat dan difungsikan secara maksimal untuk kegiatan konservasi lingkungan, pendidikan lingkungan, dan dapat berintegrasi dengan ekowisata di Kabupaten Jombang,"ungkapnya.

Di kegiatan ini terungkap bahwa Indonesia disebut menempati peringkat kedua di dunia dalam hal keanekaragaman hayati setelah Brasil. Sebanyak 15,3 % dari seluruh keanekaragaman hayati di dunia, terdapat di Indonesia. Dengan kata lain, Indonesia memiliki potensi yang besar dalam mengolah keanekaragaman hayati sehingga bisa menjadi aset penting bagi Indonesia bahkan dunia. Keanekaragaman Hayati banyak memberikan kontribusi penting dalam kehidupan dan lingkungan seperti produksi pangan, ketersediaan air bersih, penyedia udara bersih, bahkan dapat mencegah bencana banjir dan tanah longsor.
( Pohon Duwet yang telah langka ditanam di Taman Kehati Wonosalam Jombang )
Mulyadi, General Manager PT. Indonesia Power UPJP. Perak Grati, menjelaskan bahwa membantu melestarikan keanekaragaman hayati adalah sejalan dengan misi perusahaan PT. Indonesia Power, yaitu menyelenggarakan bisnis pembangkitan tenaga listrik dan jasa terkait yang bersahabat dengan lingkungan. 
“Bersahabat dengan lingkungan - Perusahaan kami sangat peduli akan ekosistem keanekaragaman hayati. Meskipun saat ini, negara-negara lain berlomba-lomba menciptakan teknologi namun melestarikan dan menjaga keanekeragaman hayati juga tidak kalah penting. Negara yang maju, adalah negara yang memiliki kekayaan alam yang masih terjaga. Tidak hanya bisa memberikan manfaat bagi bangsa sendiri, tetapi juga dunia. Kita harus menyukuri atas karunia Tuhan yang menjadikan Indonesia sebagai negara yang subur. Sehingga keanekaragaman hayati merupakan salah satu kekayaan negara kita yang perlu dilestarikan,”bebernya.

Sedangkan penggunaan seragam pramuka dalam aksi tanam pohon di Taman Kehati ini berkaitan dengan penerapan Program Hijaunesia Power yang telah digalakkan Direktur PT. Indonesia Power untuk menjaga ekosistem lingkungan.  
Program yang bekerjasama dengan Saka Kalpataru atau kawan Pramuka di seluruh unit pembangkitan PT. Indonesia Power untuk melakukan penanaman pohon sebanyak 2,5 juta pohon dalam lima tahun.  

Pramuka sebagai Tunas Bangsa diharapkan bisa menjadi penerus Generasi Bangsa yang dapat melestarikan lingkungan atau Pramuka Patriot Lingkungan, Go Green, hemat air dan tidak membuang sampah sembarangan.

Dengan membantu dalam kegiatan pengembangan Taman Keanekaragaman Hayati yang terletak di Kabupaten Jombang, PT. Indonesia Power UPJP. Perak Grati turut membantu dalam upaya konservasi dan perlindungan   

keanekaragaman hayati di Indonesia khususnya di wilayah Jawa bagian timur. Selain itu, hal ini juga merupakan bentuk dukungan terhadap upaya pendidikan lingkungan hidup.

“Semoga dengan adanya Taman KEHATI, dapat menarik generasi muda untuk berkunjung dan mempelajari keanekaragaman hayati dan memahami seberapa penting menjaganya. Ajak teman-teman di sekolah, keluarga untuk berkunjung ke Taman KEHATI dan kami mengajak semua pihak untuk terus mendampingi program pembangunan Taman KEHATI sehingga masyarakat di Kabupaten Jombang bahkan dari mana saja dapat melihat dan menikmati keanekaragaman hayati hingga anak cucunya,” ujar Mulyadi menutup kegiatan Aksi Tanam Pohon Endemik di Kabupaten Jombang. (*)
Sumber : DLH Jombang
Editor    : Jodhie