Sambut Bulan Puasa, Pemkab Jombang kembali Gelar Tradisi Grebeg Apem - suarajombang.net

Terbaru

Rabu, 16 Mei 2018

Sambut Bulan Puasa, Pemkab Jombang kembali Gelar Tradisi Grebeg Apem


SUARAJOMBANG.NET - Sudah menjadi sebuah tradisi menjelang datangnya bulan Ramadhan, Pemkab Jombang menggelar kirab gunungan apem atau yang biasa disebut ‘grebeg apem’. Acara yang digelar di depan GOR Merdeka Jombang, Rabu (16/5/18) Sore atau sehari jelang bulan puasa tersebut berlangsung meriah.

Usai dibuka secara resmi oleh Ir.Sucipto Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan yang mewakili PJS Bupati Jombang, sekitar 3.150 kreasi apem yang ditata menjadi sebuah gunungan tersebut jadi rebutan masyarakat yang hadir.

Dalam hitungan menit, ribuan kue apem yang ditata digunungan ludes diperebutkan masyarakat. Mereka rela jatuh bangun untuk mendapatkan penganan berbahan non beras yang diyakini membawa berkah dalam tradisi memandai dimulai bulan suci ramadan tersebut. Meski demikian tradisi tahunan Pemkab Jombang ini berjalan relatif lancar.

Heri Setiabudi, Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan Jombang mengatakan, kegiatan grebeg apem ini rutin digelar sebagai penanda memasuki bulan puasa. Selain grebeg apem, lanjut Heri pada saat itu juga digelar lomba kreasi apem berbahan non beras dan non terigu.

“Lomba kreasi apem berbahan non beras ini sebagai upaya diversifikasi pangan, sebagai upaya pengembangan pangan lokal di Jombang. Itu yang kita kedepankan,”beber Heri.

Disisi lain, kata Heri kue apem ini sudah menjadi tradisi di Jombang setiap menjelang bulan puasa yang dikenal dengan istilah ‘megengan’. “Jadi secara religi, budaya apem sudah dilakukan masyarakat sejak dulu. Jadi kita juga ingin mempertahankan tradisi megengan jelang Bulan Puasa,”ungkapnya. (*)




Editor : Jodhie