KH Cholil Dahlan, Salah Satu Kiai Jombang Yang Masuk Daftar 200 Mubaliqh Rekomendasi Kemenag - suarajombang.net

Terbaru

Rabu, 23 Mei 2018

KH Cholil Dahlan, Salah Satu Kiai Jombang Yang Masuk Daftar 200 Mubaliqh Rekomendasi Kemenag

SUARAJOMBANG.NET - KH Cholil Dahlan Salah satu pengasuh PPDU (Pondok Pesantren Darul Ulum) Jombang masuk dalam daftar 200 mubaligh atau penceramah yang direkomendasi oleh Kementerian Agama (Kemenag). 
( KH.Cholil Dahlan,  /Photo: Ist )
Kiai Cholil tak menyangka kalau dirinya masuk dalam 200 mubaligh yang mendapat rekomendasi dari Kemenag. Karena menurutnya selama ini dirinya tidak pernah mengajukan, selalin itu juga tidak ada pemberitahuan dari Kemenag. “Saya berharap kepada pemerintah untuk memperbanyak daftar nama tersebut,”harapnya.

Kiai Cholil yakin, apa yang dilakukan Kemenag dengan merekomendasi 200 mubaligh bertujuan positif. Yakni, supaya Kemenag tahu persis siapa penceramah yang bertujuan memajukan ummat dan selaras dengan sistem perundangan di Indonesia.

Namun yang menjadi masalah, munculnya 200 orang itu tidak didahului dengan sosialisasi. Seharusnya, ujar Kiai Cholil, Kemenag sejak awal harus menelisik para dai dengan kriteria apa saja. Hal itu kemudian disebar lewat media massa. Selain itu juga memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mengusulkan nama dai dilengkapi dengan data.

"Kalau kemarin itu penelisikannya tertutup. Makanya reaksinya bermacam-macam. Ada yang masuk daftar, tapi tidak mau. Ada yang tidak masuk, tapi ingin masuk, ada juga yang merespon dengan diam," pungkas Kiai Cholil. (*)