Yoga Bocah Yang Rawat Neneknya, Disambangi PJS Bupati Jombang - suarajombang.net

Terbaru

Selasa, 10 April 2018

Yoga Bocah Yang Rawat Neneknya, Disambangi PJS Bupati Jombang


SUARAJOMBANG.NET - Helmi Prayoga yg akrab dipanggil Yoga adalah termasuk anak yang perkasa dan tabah menghadapi kerasnya cobaan hidup. Yoga tinggal berdua dengan Sang Nenek Samunti (80) di sebuah rumah kecil di Dusun Murong Timur, Desa Mayangan, Kecamatan,Jogoroto, Jombang.

Ayah Yoga telah meninggal dunia sejak Yoga masih kecil. Sementara ibunya tujuh tahun terakhir pergi bekerja, namun hingga saat ini tak ada kabar beritanya.

Selama ini Yoga merawat Samunti, bahkan siswa kelas dua SD di wilayah Jogoroto, Jombang itu harus rela bolos sekolah untuk merawat sang nenek. 
( Yoga (baju merah) dipeluk PJS Bupati Jombang Setiajit )
Nah, begitu mendengar kabar yang memprihatinkan ini, PJS Bupati Jombang langsung menyambangi si Yoga. Pjs Bupati Jombang, Setiajit SH MM dan rombongan tiba di rumah Yoga Selasa sore (10/4).

Tiba dirumah Yoga, beberapa kali Setiajit memeluk Yoga. Setiajit mengatakan, pihaknya berjanji akan menyekolahkan Yoga hingga lulus SMA.

“Saya bangga kepada Yoga, dia anak yang sholeh, dan kami berjanji untuk menyekolahkan Yoga sampai lulus SMA paling tidak. Dan ini bagian dari tugas kami,” ujar Setiajit.

Tentang kondisi nenek Yoga, Setiajit menandaskan untuk di monitoring kesehatannya. Ia pun ingin agar nenek Yoga di pastikan apakah menderita Tuberculosis (TBC) atau tidak.

“Terkait neneknya, sudah saya sampaikan ke puskesmas juga, untuk di pantau terus. Rupanya, mudah-mudahan tidak, ini kan ada kaitannya dengan paru, biasanya TBC. Nah, TBC ini harus kita berantas. Saya sudah pesankan kepada puskesmas, saya sudah sampaikan kepada Pak Kadinkes, untuk seluruh camat, seluruh kepala desa untuk mendata berapa jumlah penyakit TBC seperti itu,” papar Setiajit.

Setiajit kagum dengan perjuangan bocah kecil ini. Berkali-kali beliau memeluk Yoga sambil berucap, "Saya bangga sama kamu Nak ..." ucap Setiajit lirih.

Melihat kondisi Yoga, Setiajit langsung berkoordinasi dengan Plt. Kadis Sosial untuk membantu keseharian Yoga bersama sang nenek, selain itu beliau juga berkoordinasi dengan DInas Pendidikan untuk bisa membantu pendidikan Yoga sampai tamat SMA atau sederajat.

Untuk sang nenek, Setiajit berkoordinasi dengan Camat Jogoroto untuk bisa memfasilitasi terkait dengan kesehatan sang nenek di Puskesmas Mayangan Jogoroto.

“Yang sabar dan tabah ya nak dalam menghadapi ini, belajar yang giat agar kelak bisa menjadi orang sukses yang akan merubah nasib keluarga,” Pesan Setiajit untuk Yoga sebelum meninggalkan rumah Yoga. 


Seperti diberitakan, nasib si kecil Helmi Prayoga, seorang siswa kelas dua Sekolah Dasar Negeri (SDN) Ngudirejo, Jogoroto, Jombang mungkin tak seberuntung anak-anak lain seusianya.

Sejak di tinggal kedua orang tuanya, Yoga (sapaan akrabnya) tinggal berdua dengan neneknya yang tiga tahun belakangan sering sakit-sakitan. Bahkan empat hari terakhir neneknya sudah tak lagi bisa berjalan akibat sakit batuk darahnya yang tergolong cukup parah.

Yoga tinggal berdua dengan Sang Nenek di sebuah rumah kecil di Dusun Murong Timur, Desa Mayangan, Kecamatan,Jogoroto, Jombang. Ayah Yoga telah meninggal dunia sejak Yoga masih kecil. Sementara ibunya tujuh tahun terakhir pergi bekerja, namun hingga saat ini tak ada kabar beritanya. “Tinggal sama nenek, sejak (saya) kecil,” tutur Yoga lirih saat ditemui di rumahnya, Selasa, (10/4). [*]



Reporter : Jodhie