PJS Bupati Jombang Dorong Semua Sekolah Bisa Ujian Nasional Berbasis Komputer - suarajombang.net

Terbaru

Senin, 23 April 2018

PJS Bupati Jombang Dorong Semua Sekolah Bisa Ujian Nasional Berbasis Komputer


SUARAJOMBANG.NET - Setiajit SH.MM, PJS Bupati Jombang ingin kedepan semua sekolah di Jombang bisa menjalankan ujian nasional berbasis komputer. Hal tersebut disampaikan setelah melalukan pantauan ke sejumlah SMP negeri yang sedang menjalankan UNBK hari pertama, Senin (23/4).

Dihadapan para awak media, Setiajit mengungkapkan bahwa Kabupaten Jombang memiliki 48 SMP negeri. Namun, yang mengikuti UNBK hanya 23 SMP negeri. Inilah yang disayangkan oleh Setiajit terhadap fasilitas pendidikan di Kabupaten Jombang.

"Untuk SMP negeri ada 48. Dan baru 23 yang menggunakan ujian nasional berbasis komputer. Ini sungguh memprihatinkan karena kurang dari 50 persen,"ungkapnya.

Oleh sebab itu, Setiajit berharap pada perubahan anggaran 2018 ini ada upaya untuk meningkatkan kembali fasilitas pendidikan di Kabupaten Jombang.

"Saya nanti akan matur (menyampaikan) ke pimpinan dewan agar ini didukung. Di tahun 2018 misalnya, perubahan anggaran ada perioritas untuk pengadaan alat-alat komputer, laptop atau apa pun namanya agar 25 SMP negeri ini bisa semuanya menggunakan ujian berbasis komputer itu," ujar Setiajit. 

( Terus dorong perbaikan fasilitas pendidikan,  Setiajit saat memantau UNBK di SMPN 2 Jombang )
Sementara Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang Budi Nugroho mengatakan bahwa sesungguhnya SMP negeri di Kabupaten Jombang yang mengikuti UNBK mengalami peningkatan signifikan.

Tahun sebelumnya, hanya ada 5 SMP negeri yang mengikuti UNBK. "Tahun 2017 kita hanya 5 SMP negeri. Kini sudah 23 sekolah. Ke depan kita akan berupaya lagi," tandasnya.

Ini berbeda dengan madrasah tsanawiyah (MTs) negeri di Kabupaten Jombang. Diketahui dari 17 MTs negeri di Kabupaten Jombang, semuanya mengikuti UNBK.

"Kita sudah 100 persen. Dari 17 MTs negeri, semuanya melakukan UNBK," Kata Kepala Kemenag Kabupaten Jombang Abdul Haris saat mendampingi Pjs bupati Jombang memantau pelaksanaan UNBK di MTs Negeri 1 Jombang.

Sementara ditanya mengenai hasil akhir ? Setiajit berharap anak anak ini mampu mengerjakan soal ujian dengan baik dan lancar. “Ya sebagai orang tua tentunya kita berharap yang terbaik bagi anak anak kita. Mari kita doakan agar anak anak kita lulus semua dan bisa melanjutkan ke sekolah yang diinginkan,”pungkasnya. (*)



Editor : Jodhie Hms