Mau Diterima Kerja, Berikut ini Empat Kompetensi Ini Harus Dimiliki - suarajombang.net

Terbaru

Selasa, 27 Maret 2018

Mau Diterima Kerja, Berikut ini Empat Kompetensi Ini Harus Dimiliki


SUARAJOMBANG.NET - Untuk mendapatkan sebuah pekerjaan, para pencari kerja sedikitnya harus memiliki 4 Kompetensi. Ini seperti yang disampaikan, Setiajit Pjs Bupati Jombang Saat membuka bursa kerja di GOR Merdeka Jombang, Selasa (27/3).

4 kompetensi itu, menurut Setiajit diantaranya kompetensi pengetahuan atau knowledge competence. “Jadi para pencari kerja harus menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi yang dimiliki perusahaan,”bebernya.

Selanjutnya adalah kompetensi keahlian atau ketrampilan. “Kalau sudah punya ketrampilan dan keahlian harus terus diasah,”ungkapnya.

Pria yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Tenaga Kerja Propinsi Jawa Timur ini melanjutkan, kompetensi berikutnya perilaku atau attitude. “perilaku harus baik ketika melamar dan sudah bekerja,”katanyaa.

Dan yang terakhir adalah kompetensi sosial. “kompetensi sosial ini salah satunya adalah penguasaan bahasa dan setidaknya menguasai bahasa inggris,”tandasnya.

“kalau tak memiliki empat ini maka perusahaan akan sulit menerima, namun sebaliknya kalau sudah punya empat ini maka kesempatan kerja akan terbuka lebar,”Tukasnya. 
[ Setiajit, Pjs Bupati Jombang saat membuka Job Fair di GOR Merdeka Jombang ]
Selain punya empat kompetensi tadi, lanjut Setiajit kalau sudah memiliki pekerjaan harus mempunyai jasmani yang kuat dan berintegritas yakni jujur disiplin terbuka dan iklhas. “saya doakan agar para pencari kerja ini dapat pekerjaan semua,”ucap Setiajit.

Para pemuda, kata Setiajit harus terus meningkatkan skill dan kemampuan. Hal ini karena perusahaan saat ini sudah tidak banyak membutuhkan tenaga kerja karena sudah mulai beralih dengan teknologi informasi. Dicontohkannya kalau sekarang ada mesin bubut dengan tenaga manusia, tahun depan sudah diganti dengan komputer.

“Kalau saat ini kita masih memakai komputer jadul maka kedepan sudah memakai android, ipad dsb. Oleh karena itu saya minta pada para pencari kerja agar menyesuaikan dengan kebutuhan pasar kerja,”pesannya. [*]