Di Jombang Ada Aksi Sedekah Pohon, Begini Ceritanya - suarajombang.net

Terbaru

Rabu, 28 Maret 2018

Di Jombang Ada Aksi Sedekah Pohon, Begini Ceritanya


SUARAJOMBANG.NET - Sedekah tak hanya dilakukan dengan menyumbangkan uang namun bisa berupa yang lain misalnya pohon. Inilah yang dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jombang.

Ini adalah bentuk Komitmen untuk pelaksanaan program KAMPUNG BERIMAN (Kawasan Masyarakat Peduli Lingkungan Bersih Indah Nyaman) yang terus digaungkan DLH.

Seperti yang dikatakan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Jombang, Yudhi Adriyanto bahwa program Kampung Beriman dikembangkan untuk mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga masyarakat desa/kelurahan dalam melaksanakan upaya bersama untuk pelestarian lingkungan hidup sehingga dapat terwujud desa/ kelurahan yang bersih, sehat, lestari dan asri.

“Hal ini dapat terwujud melalui penataan kelembagaan desa, peningkatan peran serta masyarakat, penyediaan sarana dan prasarana lingkungan dan pemanfaatan sumber daya alam secara berkelanjutan,”jelasnya. 
(Dibutuhkan partisipasi aktif masyarakat untuk mewujudkan lingkungan yang sehat, lestari dan asri ) 
Sedangkan penilaian program, Katanya merupakan bagian montoring keberlanjutan komitmen desa dalam mengembangkan pengelolaan lingkungan yang baik secara berkelanjutan.

Untuk mengembangkan budaya dan perilaku ramah lingkungan pada masyarakat tingkat desa/ kelurahan melalui pengembangan KAMPUNG BERIMAN “Kawasan Masyarakat Peduli Lingkungan Bersih Indah Nyaman” ini DLH bekerjasama dengan PT Cheil Jedang Indonesia (CJI) Ploso.

Salah satu kegiatan yang telah dilaksanakan adalah aksi Penanaman Pohon melalui Program SEDEKAH POHON yang dilakukan pada hari Selasa dan Rabu (27 dan 28 Maret 2018) di Desa Pulogedang Kecamatan Tembelang dan Desa Badang Kecamatan Ngoro.

Sebanyak lebih dari 900 pohon ditanam di kedua desa tersebut, masing-masing 400 batang di Desa Pulogedang dan 500 batang di Desa Badang. Pohon yang ditanam juga beraneka ragam seperti trembesi, jambu, sirsat, bambu, sukun, palem dan sengon.
 

Tak hanya dari DLH dan PT.CJI, Kegiatan ini melibatkan perangkat desa, ibu-ibu kader lingkungan dan siswa sekolah setempat.

Apresiasi program ini disampaikan GM PT.CJI Ploso, H.Mulyono, Dia menyambut baik kegiatan ini. “Semangat warga desa untuk mengembangkan desa secara berkelanjutan, menanam pohon harus didasari niat iklas sebagai amal jariyah kita kepada alam dan kepada manusia yang lain,”ungkapnya.

H.Mulyono menegaskan pihaknya akan memberikan dukungan dalam pengelolaan lingkungan di desa. “Kegiatan semaacam ini sangat bermanfaat bagi kehidupan, oleh sebab itu kita akan terus support,”pungkasnya. (*)