PJS Bupati Jombang Kapolres, Dandim Coba Buat Eco Brick Di Peringatan HPSN 2018, - suarajombang.net

Terbaru

Jumat, 23 Februari 2018

PJS Bupati Jombang Kapolres, Dandim Coba Buat Eco Brick Di Peringatan HPSN 2018,



SUARAJOMBANG.NET - PJS Bupati Jombang Setiajit menghadiri puncak Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2018 di Kabupaten Jombang yang dipusatkan dipusatkan di RTH Taman Kebonrojo, Jumat (23/2/18). Tak sendiri Dia didampingi Kapolres Jombang AKBP Agung Marlianto, Dandim Letkol Arm Beni Sutrisno serta Sekda Ita Triwibawati.

Saat tiba dilokasi, rombongan langsung meninjau stand pameran lingkungan yang yang ditampilkan para pegiat lingkungan. Nah, saat sampai pada stand eco brick, Setiajit bersama Kapores dan Dandim tak canggung untuk mencoba membuat ecobrick, yakni dengan memasukkan cacahan sampah plastik kedalam botol bekas kemasan air mineral kemudian dipadatkan dengan sebuah kayu kecil.

Ecobrick adalah bata ramah lingkungan yang terbuat dari bekas botol air mineral kemasan yang diisi dengan cacahan sampah plastic. Setelah padat kemudian direkatkan antar botol. Dengan bermacam kreasi, ecobrick dapat digunakan sebagai tempat duduk, meja bahkan dalam jumlah banyak ecobrick dapat digunakan sebagai pagar rumah. Kekuatan ecobrick dapat menyangga beban berat hingga sekitar 80kg. Ecobrick sangat efektif dalam upaya mengurangi sampah plastik.

"Ini sebagai bentuk nyata kepedulian kita terhadap penyelamatan lingkungan. Sebab, kita tahu jika Indonesia punya problem serius terkait tata kelola sampah,"Ujar Setiajit. 

Baca Juga, PJS Bupati Jombang Jadi Nasabah bank Sampah Jombang

Sampah, kata Setiajit bisa menjadi keuntungan dan bencana. Apabila dikelola dengan baik semisal didaur ulang, maka sampah akan bermanfaat secara ekonomis.

“Namun sebaliknya sampah justru akan membawa bencana apabila tidak dikelola dengan baik. Akan menjadi sarang nyamuk, tikus bahkan akan menyebabkan banjir apabila sampah sampah dibuang disungai,”ungkapnya.

Oleh sebab itu, Setiajit menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat, komunitas, para pegiat peduli lingkungan termasuk swasta yang selama ini terlibat aktif dalam gerakan peduli lingkungan disekitarnya.

“Atas nama pemerintah daerah kami sampaikan terima kasih. Hari ini kita peduli sampah, besok kita peduli sampah, selamanya kita harus peduli sampah,”ucapnya.
( Kominten Wujudkan Indonesia bebas sampah 2020 )
Seperti diketahui, puncak Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2018 di Kabupaten Jombang dipusatkan di RTH Taman Kebonrojo, Jumat (23/2/18). Selain PJS Bupati dan jajaran Forkopimda hadir pula Para Pejabat Pemkab Jombang, Camat, tak ketinggalan para pegiat lingkungan dari berbagai komunitas serta para pelajar juga hadir.

Tema HPSN kali ini adalah “Sayangi bumi bersihkan dari sampah”. HPSN 2018 di RTH Kebonrojo ini diramaikan dengan adanya stand pameran lingkungan yang yang ditampilkan para pegiat lingkungan. Mulai dari stand cara membuat kompos, hasil daur ulang sampah, eco brick, pengolahan air hujan hingga stand Bank Sampah. [*]


Editor : Jodhie