Pantau Banjir Di Mojoagung, Ini Solusi Dari PJS Bupati Jombang Setiajit - suarajombang.net

Terbaru

Rabu, 21 Februari 2018

Pantau Banjir Di Mojoagung, Ini Solusi Dari PJS Bupati Jombang Setiajit


SUARAJOMBANG,NET - Hujan semalam yang mengguyur Kabupaten Jombang pada Rabu (22/2/18) malam, kembali membawa musibah bagi sejumlah desa di Kecamatan Mojoagung. Dari sejumlah desa itu yang paling parah adalah Desa Janti, Desa Gambiran dan Desa Kebondalem. Ketinggian air bervariasi antara 1 meter, 1,5 meter bahkan mencapai 2 meter.

Oleh sebab itu untuk mengatasi musibah banjir yang datang setiap tahun ini, PJS Bupati Jombang Setiajit memberikan sejumlah solusi. Untuk Jangka pendek, katanya yakni dengan mengevakuasi warga terdampak banjir ke tempat pengungsian agar aman.

“Ditempat pengungsian Pemerintah daerah melalui Dinas Sosial dan BPBD akan menyediakan logistik melalui dapur umum, balai pengobatan dan kebutuhan lainnya untuk para pengungsi,”tandasnya.

Sedangkan untuk jangka panjang, Setiajit mengatakan pihaknya akan berkoordinasi dengan pemprov yakni dinas pengairan propinsi untuk membuat embung di wilayah yang lebih tinggi, semisal di perbatasan dengan Jombang - Kediri atau diwilayah Kecamatan bareng.

“Karena kalau tidak dibuatkan semacam embung diwilayah yang atas, tiap musim hujan bakal seperti ini karena ini adalah bencana tahunan,”Tandasnya.
 
( Setiajit, saat memantau kondisi banjir di Desa janti Kecamatan Mojoagung )
Seperti diketahui PJS Bupati Jombang, Setiajit langsung turun lapangan untuk memantau kondisi banjir yang menerjang sejumlah desa di Wilayah Kecamatan Mojoagung, Kamis (22/2/18) Pagi.

Desa yang dikunjungi adalah Desa janti yang terkena dampak cukup parah dari banjir ini. Saat dilokasi, Setiajit tampak berbincang dengan warga setempat yang sedang berkerumun mengamankan diri di jalanan akibat rumahnya tergenang air.

Usai dari Desa Janti, Setiajit yang didampingi sejumlah Kepala OPD diantaranya Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sucipto, Kepala Dinas PUPR Hari Oetomo, Kepala Dinas PU Pengairan Arif Gunawan, Plt Kepala Dinas Sosial Hartono, Plt Kepala Dinas Kominfo Agus Panuwun ini langsung bergegas meninjau kondisi warga yang dievakuasi di Balai Desa Gambiran.

Kepada para pengungsi, Setiajit berpesan kepada warga untuk bersabar menghadapi musibah tahunan ini. “Bapak Ibu yang sabar menghadapi musibah ini. Kita semua sama sama berdoa agar musibah ini cepat berlalu,”himbaunya dihadapan para pengungsi. 

Setiajit juga menghimbau agar para orang tua mengawasi anak anaknya agar tak bermain di daerah aliran sungai. “jangan lupa bapak ibu, anak anaknya diawasi karena pada saat ini aliran sungai cukup deras, jangan sampai terjadi hal hal yang tak diinginkan,”pesannya.

Seperti di ketahui hujan yang mengguyur Kabupaten Jombang Rabu (22/2/18) malam menyebabkan sejumlah kecamatan dilanda banjir diantaranya Mojowarno, Mojoagung dan Sumobito. Namun yang paling parah berada di Wilayah Kecamatan Mojoagung.[*]


Editor : Jodhie