Stadion Utama GBK Senayan Diresmikan Presiden Jokowi Usai Direnovasi - suarajombang.net

Terbaru

Minggu, 14 Januari 2018

Stadion Utama GBK Senayan Diresmikan Presiden Jokowi Usai Direnovasi


JAKARTA, SUARAJOMBANG.NET - Presiden Joko Widodo meresmikan hasil renovasi besar Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) di kawasan Senayan, Jakarta. "Pada sore ini renovasi besar Gelora Bung Karno saya nyatakan diresmikan dan dimulai penggunaannya," ujar Jokowi saat mengumumkan peresmian di dalam stadion. 
( Presiden Jokowi menandatangani prasasti peresmian Stadion Utama GBK usai direnovasi / Photo; Istimewa )
Kegiatan peresmian stadion GBK hasil renovasi itu ditandai dengan penandatanganan batu peresmian oleh Presiden Jokowi
. Presiden saat itu didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, serta Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi. Setelah itu, dilanjutkan menyaksikan langsung pertandingan persahabatan antara Indonesia lawan Islandia.

Renovasi ini sebenarnya dilakukan untuk perhelatan Asian Games 2018 mendatang. Renovasi selesai tujuh bulan sebelum Asian Games berlangsung, yakni Agustus 2018. 


Baca Juga, Friendly Match Internasional, Timnas Islandia Kalahkan Timnas Indonesaia 4-1
Sebelumnya, Jokowi telah menyiratkan kebanggaan atas renovasi Stadion GBK. Jokowi mengatakan, wajah baru Stadion GBK mampu menampung 80.000 penonton dengan kualitas kursi yang lebih bagus.  
( Sebelum meresmikan, Presiden Jokowi menyempatkan melihat panel dan maket data pembangunan Stadion GBK  / Photo; Istimewa )
Jenis kursi di Stadion GBK juga baru yakni meliputi single seat atau satu kursi dan dapat dilipat atau flip up yang telah memenuhi standar aksesibilitas evakuasi. Setiap kursi mampu menahan beban hingga 250 kilogram dan tidak mudah ditarik sehingga menahan aksi vandalisme.

Presiden menambahkan, stadion tersebut juga sudah mengikuti standar FIFA dalam aspek keamanan. Saat kondisi darurat, dalam waktu 15 menit, stadion sudah harus kosong.

"Stadion ini akan diterangi lampu berkekuatan 3.500 lux. Ini tiga kali lebih terang dari sebelumnya, tapi 50 persen lebih hemat karena menggunakan LED, bukan lagi lampu konvensional," sebut Presiden. 

  
Baca Juga, Wow Pak Nyono bakal gelontor 2 Miliar Perdesa Jika pimpin Jombang lagi
 

Dari segi pencahayaan, lanjut dia, ini salah satu yang terbaik di dunia. Sistem pencahayaan GBK terintegrasi dengan sistem tata suara yang berkekuatan hingga 80.000 watt PMPO. Presiden meyakini, dengan tata suara seperti itu, lagu kebangsaan "Indonesia Raya" yang dinyanyikan pada upacara pembukaan akan terdengar lebih dramatis.

Adapun untuk permukaan lapangan akan berlapiskan rumput dari jenis terbaik, yaitu zoysia matrella, yang dilengkapi alat penyiram otomatis hingga sistem drainase antibanjir. (*)

Editor : IL Capitano Jodhie