Sarasehan HKTI Jombang 2018 Wujudkan Kemandirian dan Ketahanan Pangan Menuju Swasembada - suarajombang.net

Terbaru

Selasa, 16 Januari 2018

Sarasehan HKTI Jombang 2018 Wujudkan Kemandirian dan Ketahanan Pangan Menuju Swasembada


SUARAJOMBANG.NET - Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Jombang adalah lembaga petani yang hakikatnya membangun sinergitas bersama Pemkab serta stakeholder terkait, untuk melakukan sinkronisasi lintas program dan lintas sektor antara pemerintah, masyarakat, pelaku pangan dan tiga pilar, guna capai swasembada pangan di Jombang.  
( Perkuat Ketahanan Pangan, Bupati Jombang saat membuka sarasehan HKTI 2018 di Gedung PSBR )
Perlu aksi konkrit dalam menyampaikan program dan kegiatan ini sesuai amanat pemerintah yang termaktub pada UU No. 18 Tahun 2012 Tentang Pangan, pemerintah dan masyarakat secara bersama-sama diharapkan mampu menyediakan produksi pangan dalam negeri, untuk mencari kebutuhan pangan masyarakat secara efektif dan efisien sepanjang waktu.

Oleh karena itu diawal tahun ini HKTI Jombang menggelar kegiatan bertajuk “Sarasehan dalam mewujudkan kemandirian dan ketahanan pangan menuju Jombang swasembada pangan,” di aula PSBR Jomabang (16/1).

Pemkab Jombang sebagai penanggung jawab dalam pelaksanaan pembangunan pertanian bersama petani, masyarakat dalam meningkatan ketersedian, keterjangkauan dan pemenuhan konsumsi pangan, yang beragam, bergizi seimbang dan aman. 

 
( Meidy Bambang Ketua HKTI saat memberikan sambutan )
Sarasehan diikuti pengurus HKTI, kepala desa, poktan, dan gapoktan sehingga hasilnya harus ketingkat desa. Ke depan desa harus memiliki cadangan pangan di setiap rumah tangga sampai keluarga, menuju kemandirian pangan dan kedaulatan pangan sepanjang waktu.

“Terlebih HKTI Jombang bersama Dinas Ketahanan pangan dan TP PKK Jombang mampu hantarkan binaan desa Watugaluh, Kecamatan Diwek meraih Adhi Karya Pangan Nusantara dari Presiden RI 2016 lalu, dan Desa Pulogedang, Kecamatan Tembelang 2017,” tegas Bupati Jombang Nyono Suharli Wihandoko, saat sambutan.

Program setelah digelarnya sarasehan ini, HKTI bersama stakeholder terkait akan upayakan lumbung pangan tiap desa, dalam mendukung ketahanan dan kemandirian.

“Penguatan pinjaman modal usaha lumbung pangan berbentuk Dagulir (dana bantuan bergulir) dengan perbankan daerah melalui pinjaman lunak, pembinaan dan bantuan sarana kegiatan KRPL tiap desa dalam mendukung penganekaragaman konsumsi pangan, cadangan pangan hidup di pedesaan bagi kelompok wanita,” sahut Meidy Bambang Murtiyoso, Ketua HKTI Jombang.

Hadir dalam acara tersebut wakil ketua DPRD Jombang Subaidi Muchtar, Kepala Bulog Sud Divre Selatan Taufik Budi Santoso, anggota DPRD Jombang Mahmudah, Arif Sutikno dan Sri Rahayu. Termasuk jajaran kepala SKPD lingkup pemkab Jombang, perwakilan perbankan, camat, hingga kepala desa. (*)



EDITOR : JODHIE