Saat Bunda Tjatur Saksikan Anak Anak bertalenta Tari, Begini Motivasinya - suarajombang.net

Terbaru

Kamis, 04 Januari 2018

Saat Bunda Tjatur Saksikan Anak Anak bertalenta Tari, Begini Motivasinya


SUARAJOMBANG.NET - Ir. Hj. Tjaturina Yuliastuti Wihandoko MM, Ketua TP PKK Jombang atau yang akrab dipanggil Bunda Tjatur menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada panitia Jaring Sanggar Tari Jombang (Jaring Sang Tarjo) yang menggelar kegiatan Uji Pentas Tari Jilid ke VII di Rejoagung Kecamatan Ploso, Senin (1/1/2018). “Awal tahun 2018 diisi dengan kegiatan yang positif oleh panitia, oleh karena itu saya sampaikan terima kasih dan apresiasi,”ucapnya.

Menurut Istri Bupati Jombang ini, anak-anak yang memiliki kegiatan diluar pendidikan formal akan semakin terasah potensi dan talentanya, mereka akan menjadi anak-anak yang berkarakter, berbudi pekerti yang baik, berakhlaqul karimah. "Kegiatan positif semacam ini akan mampu menangkal pengaruh negatif dan menjadikan mereka cinta budaya Indonesia", tandasnya.  
( Anak anak bertalenta tari butuh fasilitas memadai untuk mengembangkan bakatnya )

Bahkan saat menyaksikan sekitar 140 penari mulai usia PAUD sampai Dewasa dari 6 sanggar yang ada di Jombang menampilkan 20 lebih tarian secara bergantian ini, Bunda Tjatur mengatakan bahwa anak anak yang kreatif tersebut harus difasilitasi, salah satunya adalah gedung kesenian yang dapat dipakai sewaktu waktu.

“Untuk memfasilitasi anak anak kreatif ini, Jombang harus punya Gedung Kesenian, nanti akan kita dorong agar pemerintah daerah segera merencanakan pembangunan gedung kesenian,”tandasnya.

Oleh sebab itu, ia berharap mendapat masukan dan saran dari para pembina sanggar, pegiat dan pelaku seni di Kabupaten Jombang demi kemajuan kesenian dan kebudayaan kabupaten Jombang.

Jaringan Sanggar Tari Jombang (Jaring Sang Tarjo) antara lain dari Sanggar Tari:

1. Lung Ayu Jombang

2. Sekar Endah Gudo

3. Kembang Jati Mojowarno

4. Paras Ayu Jogoroto

5. Mayang Ayu Ploso

6. Umbul Arum Jombang

Sementara, Dian Sukarno panitia kegiatan tersebut menyampaikan bahwa kegiatan Uji Pentas Tari ini dilaksanakan rutin tiap tahun secara anjangsana.

“Yang pertama di selenggarakan di Gedung PSBR, untuk yang ke 8 ini di selenggarakan di Sanggar Tari Mayang Ayu Rejoagung Kecamatan Ploso,”terangnya.

Tujuan kegiatan ini, lanjutnya adalah untuk mengeksplor kegiatan seni anak anak sanggar. “Sekaligus melestarikan kearifan lokal Jombang, dan dan pasti nanti akan lahir bibit bibit penari lokal,”ungkap Dian.

Pada kesempatan tersebut masing masing sanggar menampilkan potensi para siswanya dibidang tari. Ada yang membawakan tari Kodok, tari Bebek, tari Selayang Pandang, tari Kembang Jati, tari Cublek Cublek Suweng, tari Semut dan masih banyak ragam jenis tarian lainnya. Dan Tari Remo menjadi tari pembuka pada kegiatan yang digelar setiap tahun tersebut.

Selain tari, Jaring Sang Tarjo juga punya agenda besar lainnya yakni Upacara Boso Jowo setiap tanggal 17 Agustus dan Kemah Budaya. (Jd/Wt)