Raih Perpuseru Award 2017, Perpustakaan Umum Daerah Jombang Adalah Perpustakan Terbaik Nasional - suarajombang.net

Terbaru

Minggu, 19 November 2017

Raih Perpuseru Award 2017, Perpustakaan Umum Daerah Jombang Adalah Perpustakan Terbaik Nasional

SUARAJOMBANG.NET- Perpustakaan Umum Daerah (Perpusda) Jombang dibawah naungan Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Jombang baru baru ini mendapat Penghargaan sebagai salah satu Perpustakaan Terbaik secara Nasional dari Coca Cola Foundation Indonesia (CFI) di ajang Perpuseru Award 2017. 
( Perwakilan Coca Cola Foundation saat menyerahkan Piagam penghargaan Perpuseru Award 2017 kepada Bupati Jombang)
Menurut CFI, Penghargaan ini diberikan kepada Perpusda Jombang karena sejauh ini Perpusda Jombang telah berhasil membina dan menularkan Program PerpuSeru kepada Perpustakaan binaannya sehingga banyak masyarakat yang mendapatkan manfaat nyata dari layanan perpustakaan yang membantu meningkatkan kualitas hidup mereka.
 

Diungkapkan Agus Purnomo, Plt Kepala Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Jombang Pada, Jumat (17/11/17) Perwakilan dari CFI menyerahkan Penghargaan tersebut kepada Bupati Jombang Nyono Suharli Wihandoko.
Dalam penghargaan tersebut Coca cola foundation Indonesia menyampaikan terima kasih atas komitmen dan kerjasama dari kantor perpustakaan dan kearsipan Kabupaten Jombang dalam mengembangkan perpustakaan menjadi pusat belajar masyarakat berbasis teknologi informasi melalui program perpuseru.
 

Terpilihnya Perpusda Jombang menjadi yang terbaik secara nasional oleh CFI bukan tanpa sebab. Hal ini karena setelah bergabung dengan Program PerpuSeru sejak tahun 2016, Perpusda Jombang melalui kegiatan yang dilakukan mampu membuat prestasi secara nasional diantaranya, 1.Penghargaan Advokasi Perpustakaan dalam pengembangan program   2.perpuseru melalui sinergitas semua stakeholders.
3.Pemenang lomba kreasi inovasi desain layanan perpustakaan berbasis TIK, 4.Pemenang lomba Impact Vidio Pepuseru.
5.Pemenang lomba Impact cerita (Tulisan) Perpuseru.
 

Dalam perkembangan dan perjalanan pada tahun kedua yakni tahun 2017 Perpusda Jombang mampu melakukan replikasi kepada 3 Desa sebagai percontohan dalam mengembangkan Perpustakaan didesa melalui Program Perpuseru Desa. Diantaranya adalah Desa Tondowulan Kecamatan Plandaan dengan Perpusdes Tondomaos, Desa Karanglo Kecamatan Mojowarno Dengan Perpusdes Karanglo dan Desa Podoroto Kecamatan Kesamben dengan Perpusdes Podoroto.
 

Pada tahun 2017 ini Perpusda Jombang juga meraih sejumlah penghargaan di ajang Perpuseru Award 2017 Pada Event Regional Peer Learning Meeting yang dihadiri dari 9 Provinsi diantaranya delegasi Jawa Timur, NTB, NTT, Bali, Maluku, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Papua Barat dan Papua .
Penghargaan yang di peroleh Perpusda Jombang diantaranya, Perpustakaan Terbaik, Pemenang lomba Cerita Impact, Pemenang Lapak Terbaik dan Best Custume.
 

Tak hanya itu Perpusdes percontohan binaan Perpusda Jombang diantaranya adalah Desa Tondowulan dengan Perpusdes Tondomaos, Desa Karanglo Dengan Perpusdes Karanglo dan Desa Podoroto dengan Perpusdes Podoroto juga mendapat penghargaan sebagai Perpustakaan terbaik.
(Perpuseru Award2017, Agus Purnomo Plt Kepala Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Jombang bersama Bupati Jombang Nyono Suharli Wihandoko
Agus Purnomo, mengungkapkan ada satu kegiatan unggulan di Perpusda Jombang yakni memberikan fasilitasi dan memberikan pendampingan bagi pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) untuk mengembangkan usaha. Caranya yakni dengan memberikan pelatihan pelatihan, menghubungkan dengan pihak pihak terkait semisal Dinas Perindustrian, Dinas UKM Dan Koperasi, Universitas Dan Perbankan.
 

“Selain itu yang menjadi kekuatan dari Perpusda Jombang adalah kita selalu melakukan monitoring sekaligus pendampingan dalam mendukung pengembangan UKM di Jombang setelah berkegiatan di perpustakaan,”ungkapnya.
 

Bupati Jombang Nyono Suharli Wihandoko berpandangan, bahwa perpustakaan saat ini telah bertransformasi sehingga perpustakaan menjadi sangat bermanfaat dan sekaligus menghilangkan pandangan umum mengenai perpustakaan yang selama ini hanya sebagai tempat membaca dan meminjam buku.
 

Selain itu, Bupati Nyono menandaskan perpustakaan kini sudah berubah menjadi pusat belajar dan berkegiatan masyarakat berbasis teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui sinergitas seluruh stakeholders dan fasilitasi seluruh kegiatan masyarakat khususnya fokus ekonomi dalam mengembangkan UKM/IKM di Jombang menjadi berdaya saing untuk mencapai Jombang Sejahtera Untuk Semua.
 

“Pemerintah Kabupaten Jombang akan mendukung seluruh kegiatan yang ada di Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Jombang khususnya fasilitasi kegiatan Perpuseru agar kedepan bisa lebih baik lagi, sehingga manfaat (Impact) yang dirasakan masyarakat bisa lebih banyak dan meluas menuju Jombang Sejahtera Untuk Semua,”Tandas Bupati Jombang. (Jodi)