Lumbung Pangan Desa Gumulan Diresmikan, Bukti Pemkab Jombang Komitmen Dalam Swasembada Pangan - suarajombang.net

Terbaru

Kamis, 30 November 2017

Lumbung Pangan Desa Gumulan Diresmikan, Bukti Pemkab Jombang Komitmen Dalam Swasembada Pangan


SUARAJOMBANG.NET- Pemkab Jombang membuktikan komitment nya terhadap ketersediaan pangan masyarakat serta mendukung suksesnya program swasembada pangan. Hal ini dibuktikan dengan diresmikannya Lumbung Pangan yang berada di Desa Gumulan Kecamatan Kesamben, Kamis (30/11).

Peresmian diawali dengan pengguntingan pita oleh Asisten Bidang Pemerintahan Dan Kesra Pemkab Jombang Purwanto yang didampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Jombang, Heri Setyabudi. Peresmian tersebut disaksikan sejumlah anggita DPRD Jombang, Camat, Kades serta puluhan warga setempat.

 
( Pemotongan pita tanda lumbung pangan resmi digunakan)
Purwanto, saat memberilan sambutan mewakili Bupati Jombang menekankan momen tersebut sangat penting. ”Peresmian ini sebagai momentum karena membuktikan perhatian pemerintah dan peran serta masyarakat terhadap ketahanan pangan sangat besar. Karena tanggung jawab dalam bidang ini membutuhkan kerjasama dan kolaborasi dari pemerintah dan masyarakat,” Jelasnya.

Oleh karena itu, pihaknya meminta para petani bisa kembali menggiatkan lumbung pangan tersebut guna menyimpan cadangan pangan yang ada. Saat ini pangan sangat penting bagi masyarakat dan mudah-mudahan masyarakat bisa memanfaatkannya dengan baik agar tidak terjadi kesulitan pangan ketika musim paceklik.

Sementara, Heri Setyabudi Kepala Dinas Ketahanan Pangan Jombang mengaku keberadaaan lumbung pangan sangat penting yakni untuk mewujudkan ketersediaan pangan dengan sistem penyimpanan dan tunda jual.

Saat ini, lanjut Heri di Kabupaten Jombang telah memiliki 354 bangunan lumbung pangan dari beberapa kelompok tani yang tersebar di 21 kecamatan, dengan Klasifikasi lumbung modern, maju, aktif dan tidak aktif kelembagaannya.

“Bahkan target kita kedepan, semua dusun di kabupaten ada kelembagaan lumbung. Ini adalah bukti bahwa Jombang siap mensukseskan swasembada pangan menuju Indonesia menjadi lumbung pangan di Tahun 2045.”pungkas Heri .  

Pada kesempatan ini Pemkab Jombang juga menyerahkan bantuan untuk pembangunan lumbung pangan yang berada di Desa Tengaran Kecamatan Peterongan Dan Desa Pulorejo Kecamatan Megaluh masing masing 100 Juta dan 130 Juta. (Jodi)