Asik, Urus E-KTP Di Jombang Hasilnya Tinggal Tunggu Dirumah Tak Perlu Antri - suarajombang.net

Terbaru

Kamis, 30 November 2017

Asik, Urus E-KTP Di Jombang Hasilnya Tinggal Tunggu Dirumah Tak Perlu Antri


SUARAJOMBANG.NET- Sejumlah terobosan baru dalam mengatasi berjubelnya warga yang ingin mengurus surat kependudukan utamanya KTP Elektronik (EKTP) terus dilakukan oleh Pemkab Jombang, dalam hal ini adalah dinas terkait yakni Dinas Kependudukan Dan Pencatatam Sipil (Dispendukcapil).   
(Warga senang, karena KTP-nya langsung diantar kerumah, tampak Prwnto Asisten I Pemkab Jombang menyerahkan KTP langsung dirumah warga )
Yang terbaru untuk mengatasi antrean panjang warga yang hendak mengambil E-KTP, Pemkab Jombang membuat langkah yakni dengan membagikan E-KTP yang sudah jadi ke rumah pemiliknya.

Launching program ini ditandai penyerahan E-KTP langsung kepada warga dilakukan oleh Asisten Bidang Pemerintahan Dan Kesra Pemkab Jombang, Purwanto di tiga desa di tiga kecamatan, Kamis (30/11/2017).

Ketiga desa itu, Desa Jabon, Kecamatan Jombang Kota, Desa Ngudirejo, Kecamatan Diwek, dan Desa Alang Alang Caruban Kecamatan Jogoroto.

Pemkab Jombang mematok target dengan sistem baru tersebut, dari pembuatan E-KTP yang belum terekam berjumlah sekitar 60.000 EKTP, dan diharapkan selesai pada akhir desember mendatang.

Purwanto yang didampingi Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Syarifudin, mengawali launching di Desa Jabon Kecamatan Jombang, kemudian di Desa Ngudirejo Kecamatan Diwek, dan terakhir di Desa Alang Alang Caruban Kecamatan Jogoroto.

"Program ini adalah atas arahan Pak Bupati yang ingin memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, khususnya warga yang mengurus EKTP," tandas Purwanto. Dalam launching tersebut, Purwanto juga didamping sejumlah kepala organisasi perangkat daerah. 

  
BACA JUGA, KEBIJAKAN BUPATI JOMBANG ANTAR HASIL JADI KTP KE PEMILIKNYA DOR TO DOR  http://www.suarajombang.net/2017/11/asik-urus-e-ktp-di-jombang-hasilnya.html

Warga penerima E-KTP mengaku senang kartu E-KTP akhirnya selesai dan diterimakan langsung ke tangannya tanpa harus beranjak dari rumah, lebih-lebih antre di kantor Dispendukcapil. “Kaget, tapi juga senang. Saya tinggal tunggu dirumah, KTP saya diantar dirumah,” kata Akhmad Muslim, warga Desa Ngudirejo usai menerima E-KTP.

Purwanto, mengungkapkan, kebijakan untuk menyerahkan E-KTP yang sudah selesai cetak secara langsung ke rumah-rumah pemiliknya bertujuan mengatasi berjubelnya antrean yang selama ini terjadi di Kantor Dispendukcapil.  

Menurut Purwanto, setiap hari Dispendukcapil mencetak E-KTP sebanyak 2.000 lembar E-KTP, sehingga setiap desa mendapat jatah sekitar enam lembar E-KTP setiap harinya, yang itu akan diserahkan langsung kepada pemilik di rumah.

“Jadi, warga yang mengurus EKTP, setelah mengumpulkan berkas sesuai prosedur dan perekaman data, tinggal menunggu di rumah. Nanti jika sudah jadi, akan ada petugas dari desa dan kecamatan yang akan mengantar ke rumah mereka,” tukas Purwanto.

Tak hanya itu, Purwanto menambahkan bagi warga yang membutuhkan KTP elektronik karena mendadak/emergensi, semisal untuk mengurus BPJS, menikah, karena hilang atau rusak, ada jalur khusus yakni dengan meminta rekomendasi dari Kepala Desa dan Camat.

Kebijakan ini pun disambut positif oleh warga, karena mereka tidak perlu berjubel atau berebut antrean di kantor Dispendukcapil seperti yang sebelum ini terjadi setiap hari di Dispendukcapil. (Jd)