Jombang Tuan Rumah Pameran Gelar Inovasi Teknologi Perbenihan Tanaman Pangan dan Hortikultura Jawa Timur 2017 - suarajombang.net

Terbaru

Selasa, 03 Oktober 2017

Jombang Tuan Rumah Pameran Gelar Inovasi Teknologi Perbenihan Tanaman Pangan dan Hortikultura Jawa Timur 2017



Lahan Pembenihan Tanaman Pangan dan Holtikultura Di Dusun Ponggok Desa Banjarsari Kecamatan Bandarkedungmulyo Diresmikan
SUARAJOMBANG.NET- Gubernur Jatim Soekarwo, diwakili Asisten II (Bidang Ekonomi) Fattah Yasin meresmikan pusat Perbenihan Tanaman Pangan dan Hortikultura Jawa Timur di Desa Banjarsari, Kecamatan Bandarkedungmulyo, Jombang, Selasa (3/9/2017).

Fattah Yasin menyebutkan, dipilihnya Jombang sebagai proyek perbenihan ini Pemprov Jawa Timur punya kepentingan jangka panjang di Kabupaten Jombang. 

“Jombang direncanakan menjadi daerah pendukung bagi kota-kota di sekitarnya. Terutama terkait hasil pertanian dan ketersediaan bibit berbagai jenis tanaman,” jelas Fattah Yasin.  

BACA JUGA, BUPATI JOMBANG SABET PENGHARGAAN PEDULI PAUD http://www.suarajombang.net/2017/09/peduli-paud-dan-pnf-bupati-jombang.html

Hadir dalam acara itu Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setdakab Jombang Ir.Sucipto dan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Jombang Tjaturina Wihandoko, perwakilan dinas pertanian se-Jawa Timur, sejumlah pejabat dinas terkait di Kabupaten Jombang, perwakilan kelompok ani, mahasiswa, dan siswa SMK.

Peresmian  dirangkaikan pembagian bibit jambu bol dan pemberian penghargaan bagi petani dan kelompok tani berprestasi di Jatim. Selain itu, juga pemberian bantuan alat pertanian dan pameran produk unggulan.
Menurut Fattah Yasin, rencananya, pembukaan atau peresmian semula akan disusul pameran benih dan produk pertanian selama 3 hari di lokasi setempat. 

Namun Pemkab Jombang dan Pemerintah Desa Banjarsari justru meminta pameran digelar selama seminggu. "Ini sekaligus memberikan hiburan kepada masyarakat. Sehingga kami pun menyetujui," kata Fattah Yasin. 
 
(Asisten II Setdaprov Jatim Fattah Jasin, Asisten II Stdakab Jombang Sucipto dan Ir.Tjaturina Yuliastuti Ketua PKK Jombang saat pembukaan acara ))
Sesuai pesan Gubernur Jatim Soekarweo, Fattah mengharapkan lahan perbenihan seluas tiga hektare hektar ini berfunbgsi maksimal untuk meningkatkan ketersediaan pangan dan kesejahteraan petani di wilayah Jawa Timur bagian barat.

Manfaat lainnya, lanjut Fattah, yakni menjadikan Jombang sebagai pusat percontohan bibit, membangun jaringan dan memberikan motivasi untuk calon petani muda.

“Dengan keanekaragaman tanaman di sini, kami tingkatkan produktivitas dan mutu hasil produk sebagai alternatif meningkatkan ketersediaan pangan dan kesejahteraan petani,” bebernya.

BACA JUGA, KAK NYONO DILANTIK SEBAGAI KETUA MABICAB PRAMUKA JOMBANG  http://www.suarajombang.net/2017/10/kak-nyono-dilantik-sebagai-ketua.html

Pada waktu mendatang, tempat perbenihan ini diharapkan juga bisa sebagai sarana edukasi, wisata dan percobaan produk pertanian. Dengan demikian, petani muda dan calon petani tambah bersemangat belajar tani.

“Di sekitar lokasi acara ada banyak tanaman yang bisa dijadikan contoh dan semua tertata rapi dan indah, sehingga tak mudah bosan ketika berada di sini,” pungkas Fattah Yasin. (Jodi)