Buka Jombang Eco Creative, Bupati Nyono Minta Event ini Terus dipertahankan - suarajombang.net

Terbaru

Jumat, 13 Oktober 2017

Buka Jombang Eco Creative, Bupati Nyono Minta Event ini Terus dipertahankan


SUARAJOMBANG.NET- Rangkaian kegiatan bertitel Jombang Eco Creative (JEC) kembali digelar di Taman Kebonratu, Kecamatan Petrongan, Kabupaten Jombang. Event ini digelar selama tiga hari, mulai Jumat hingga Minggu (13-15/10/2017). Tema JEC Tahun ini adalah Harmoni dan bersahabat dengan alam wujudkan Jombang Sejahtera Untuk Semua, Jadilah bagian dari gerakan peduli lingkungan'.

Sedangkan pembukaan dilakukan oleh Bupati Jombang Nyono Suharli Wihandoko pada Jumat (13/10) Pagi. Pembukaan JEC ditandai dengan pelepasan burung merpati oleh Bupati Nyono didampingi jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda). 
( Makin Kreatif, Bupati Nyono mendapat penjelasan dari salah satu peserta JEC)
Banyak Rangkaian kegiatan yang digelar di event ini meliputi lomba fotografi bertema lingkungan hidup, diskusi terkait masalah lingkungan, serta diskusi bertema budaya, lomba yel yel antar kader lingkungan. Selain itu disini juga dilaksanakan pameran produk lingkungan oleh sekolah adiwiyata.

Bupati Nyono Suharli Wihandoko mengungkapkan melalui kegiatan Jombang Eco Creative, kampanye terkait isi-isu lingkungan hidup di Kabupaten Jombang bisa lebih optimal.

“Melalui kegiatan inilah kita mengedukasi masyarakat terkait pesan moral kepedulian lingkungan. Gunanya untuk mewariskan kualitas lingkungan hidup yang lebih baik bagi anak cucu. Oleh karena itu kegiatan ini harus dipertahankan,” katanya. Isu tentang lingkungan hidup, tambahnya, merupakan isu penting bagi masyarakat maupun pemerintah daerah.

Program pendukung terciptanya lingkungan hidup yang berkualitas, sambung Bupati Nyono, harus menjadi skala prioritas untuk dijalankan.

“Misalnya pengelolaan sampah, pengendalian pencemaran air dan udara, serta penyediaan ruang terbuka hijau. Ini sekaligus membudayakan masyarakat akan estetika,” ujar Bupati Jombang.  
( Sovenir untuk Bupati Nyono terbuat dari bahan daur ulang )
Saat membuka event yang telah digelar untuk Ketiga kalinya ini,, Bupati Nyono bersama jajaran Forkopimda dan pejabat pemkab datang ke lokasi acara tidak naik mobil, melainkan dengan cara gowes alias naik sepeda onthel.


Mereka berombongan gowes dari Pendopo Kabupaten menuju Taman Kebonratu, yang berada di Desa Keplaksari, Peterongan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Jombang, Yudi Adriyanto, menjelaskan, JEC dilaksanakan sebagai ikhtiar pemerintah daerah guna mendukung terciptanya lingkungan hidup yang berkualitas.

“Ini upaya mendukung kampanye lingkungan hidup, sekaligus mendukung program pemerintah daerah guna mempertahankan penghargaan Adipura Kencana,” jelasnya. (Jod)