Wow, Komunitas Ini Bagi Daging Kurban Tanpa Tas Kresek - suarajombang.net

Terbaru

Minggu, 03 September 2017

Wow, Komunitas Ini Bagi Daging Kurban Tanpa Tas Kresek



SUARAJOMBANG.NET – Hari raya kurban identik dengan penyembelihan hewan kurban dan dagingnya dibagikan kepada warga. Namun kalau biasanya daging yang dibagikan ke warga dibungkus dengan plastik (tas kresek), berbeda dengan yang dilakukan oleh Komunitas Peduli Sampah di Jombang, mereka membagikan daging daging tersebut dengan menggunakan daun jati.

“Ini adalah sebagai bagian dari kampanye mengurangi penggunaan plastik yang terbukti mencemari lingkungan. Dan ini terus kita lakukan meski di Hari Raya Idul Adha,”Tutur Jalaluddin, Komunitas Peduli Sampah Jombang. Dan Gerakan kurban tanpa tas kresek plastik ini sepertinya makin menggema di Kota Santri.
( Dibungkus daun jati, panitia kurban saat membagikan daging daging kurban kepada warga )
Dalam Idul Adha 1438 pada 1-4 September 2017 kali ini, setidaknya terpantau tiga lokasi yang menyelenggarakan penyembelihan & pembagian hewan kurban tanpa tas plastik kresek. Diantaranya, di Dusun Rapahombo Desa Klitih Kecamatan Plandaan, di SMAN Mojoagung & Dusun Wersah,Kelurahan Kepanjen.

Di Dusun Rapahombo dilakukan penyembelihan sejumlah hewan kurban. Yakni berupa satu sapi bantuan warga Jombang di Jakarta, tiga kambing donasi warga Jombang & empat kambing lainya donasi dari Komunitas Jatim Mengajar.


"Kami sengaja rancang tebar daging kurban tanpa plastik dan diganti daun jati karena lebih ramah lingkungan dan daunnya mudah didapat di sekitar Rapahombo, 1 dari 14 dusun terpencil di Desa PojokKlitih," papar Jalaluddin, Komunitas Peduli Sampah Jombang.

Jalaluddin berharap, dalam Idul Kurban yang akan datang dan seterusnya, Kementrian Agama maupun MUI menggandeng pemkab & ormas Islam agar mewajibkan penggunaan prinsip ramah lingkungan dalam penyembelihan & tebar daging kurban. Sebab, sampah plastik yang dihasilkan selama ini telah terbukti mencemari  lingkungan. (Dhie/Nitizen)