Ada Poli Khusus Lansia, Bupati Berharap Para Lansia Rajin Periksa Kesehatan Di Puskesmas - suarajombang.net

Terbaru

Selasa, 26 September 2017

Ada Poli Khusus Lansia, Bupati Berharap Para Lansia Rajin Periksa Kesehatan Di Puskesmas


SUARAJOMBANG.NET- Ibarat sebuah pepatah, Apalah arti hidup sejahtera namun kesehatan kurang terjaga. Analog itu bisa disandingkan karena meski dalam taraf kehidupan yang sejahtera, tapi tidak sehat maka sulit menikmati hidup. Oleh sebab itu Pemkab Jombang memandang serius taraf kesehatan masyarakatnya terutama para orang tua yang sudah berusia lanjut (Lansia).
 
(usai meresmikan, Bupati Nyono langsung melalukan pantauan di Ruang Poli Khusus Lansia )

 

Oleh sebab itu Bupati Jombang, Nyono Suharli Wihandoko meresmikan Poli Lansia di Puskesmas Kecamatan Tembelang, Kabupaten Jombang, Selasa, (26/9/2016).

Dalam kesempatan itu, orang nomor satu dilingkup Pemkab Jombang ini didampingi Wakil Bupati, Mundjidah Wahab selaku Ketua Komnda lansia Jombang dan sekretaris daerah (Sekda) Ita Triwibawati.

Keberadaan Poli Khusus Lansia menurut Bupati Nyono, memang menjadi salah satu perhatian khusus Pemkab Jombang. Perhatian itu dibuktikan dengan upaya pemerataan adanya poli khusus lansia di semua Puskesmas di Jombang.

“Keberadaan Poli santun lansia ini memang menjadi perhatian pemerintah daerah,sehingga di usia yang semakin tua akan tetap sehat dan terus berdaya,” katanya.

Poli santun lansia, lanjut Bupati Nyono sengaja didirikan untuk memberikan pelayanan lebih baik bagi lansia. Puskesmas merupakan rujukan awal yang mudah dijangkau oleh masyarakat, lokasinya yang berada di tiap kecamatan sehingga memudahkan lansia melakukan pengobatan atau mengontrol terus kondisi kesehatannya.

Tak hanya itu, Lanjut Bupati saat berobat di Poli Santun lansia pasien yang berusia lanjut yang ingin memeriksakan kesehatan atau berobat ke Puskesmas, tidak usah antri tapi langsung dapat pelayanan.

“Jadi Bagi lansia yang berobat ke puskesmas akan memperoleh pelayanan khusus. Contohnya tidak perlu antri seperti pasien yang lain, karena poli khusus lansia tersebut difungsikan untuk memberikan pelayanan yang lebih kepada para lanjut usia, sampai pasien menerima obat,”Jelas Bupati Nyono.

Sesuai data yang dipaparkan Bupati Nyono, hampir semua Puskesmas di Jombang sudah memiliki poli khusus lansia. Pendirian Poli Lansia di sejumlah Puskesmas Jombang dimulai sejak tahun 2016 lalu.

“Targetnya sampai tahun 2018, semua Puskesmas di Jombang punya poli khusus lansia,”paparnya.

Sementara Hj.Mundjidah Wahab, Wakil Bupati Jombang selaku Ketua Komda Lansia Jombang berharap Poli tersebut dapat membantu meningkatkan kesehatan para lansia, sekaligus memberikan kemudahan para lansia untuk mendapat pengobatan. “Sehingga poli ini dapat bermanfaat bagi semua khususnya para lansia,”kata Wabup yang saat itu mendampingi Bupati Nyono. (Jodi)