Di Jombang, Upacara Detik Detik Proklamasi Di Warnai Dengan Tampilnya Drama Kolosal Gendero Pusoko - suarajombang.net

Terbaru

Kamis, 17 Agustus 2017

Di Jombang, Upacara Detik Detik Proklamasi Di Warnai Dengan Tampilnya Drama Kolosal Gendero Pusoko


SUARAJOMBANG.NET- Ada satu yang menarik saat berlangsungnya Upacara proklamasi HUT kemerdekaan Bangsa Indonesia yang ke-72 yang digelar di Alun-Alun Kabupaten Jombang.

Usai pelaksanaan upacara, drama kolosal dengan tajuk Gendero Pusoko, yang menceritakan peristiwa peperangan Badan Keamanan Rakyat (BKR) dan Tentara Pelajar Republik Indonesia (TRIP) bersama rakyat bahu membahu melawan agresi militer belanda dan inggris.

Sodiodrama tersebut menggambarkan kedamaian rakyat Indonesia yang diusik oleh sikap kesewenangan Belanda dan Inggris.

Bahkan sikap kesewenangan tentara sekutu tersebut juga melakukan tindakan tidak berperikemanusiaan kepada seluruh rakyat Indonesia. Penjajah itu merampas seluruh harta kekayaan rakyat Indonesia.
 

BACA JUGA , BUPATI JOMBANG ZIARAH KE MAKAM PAHLAWAN NASIONAL http://www.suarajombang.net/2017/08/bupati-jombang-tabur-bunga-di-pusara.html

“Tujuan sosiodrama perang ini untuk menumbuhkan kembali, dan memperkuat nasionalisme rakyat Indonesia, terutama warga Jombang untuk lebih mencintai negara dan bangsanya. Sebab wilayah jombang dulu adalah basis pelarian dan persembunyian tentara republik saat terdesak usai pecah perang 10 November di Surabaya,” ujar Bupati Jombang, Nyono Suharli Wihandoko kepada awak media usai acara.

Ia menambahkan, ada tokoh besut yang menjadi pelopor perlawanan yang dilakukan warga Jombang. “Iya, Besut kita gambarkan menjadi tokoh utama sebagai pemersatu warga Jombang berperang merebut kemerdekaan di Jombang,” pungkas Bupati Nyono.
 
( Bupati Jombang saat memimpin Upacara Detik Detik Proklamasi )
Sementara upacara detik–detik Proklamasi dan pengibaran duplikat bendera pusaka dalam rangka peringatan HUT Kemerdekaan Bangsa Indonesia Ke-72 yang diselenggarakan oleh Pemkab Jombang di Alon Alon Kabupaten, Kamis 17 Agustus 2017 berlangsung lancar dan khidmat. Pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) pun juga sukses mengibarkan bendera merah putih.

Upacara yang diikuti dari berbagai pasukan mulai jajaran TNI, Polri, Korpri, Ormas, Mahasiswa dan pelajar tersebut dimulai pukul 09.30 WIB. Tampak hadir pula jajaran Forkopimda, Ketua Dan Wakil Ketua DPRD Jombang, Anggota DPRD, Pejabat Pemkab, Pejabat Utama Polri daan TNI. Para undangan seperti Ketua Ormas, serta para Veteran yang ada di Jombang.

Bertindak selaku inspektur upacara yaitu Bupati Jombang Nyono Suharli Wihandoko. Tepat pukul 10.00 sirine dibunyikan yang menandai detik detik proklamasi. Yang dilanjutkan pembacaan Teks proklamasi oleh Ketua DPRD Jombang Joko Triono. (Jd)