Ratusan Warga Dan Santri Di Jombang Gelar Aksi Damai Dukung Perppu Tentang Ormas - suarajombang.net

Terbaru

Jumat, 28 Juli 2017

Ratusan Warga Dan Santri Di Jombang Gelar Aksi Damai Dukung Perppu Tentang Ormas


SUARAJOMBANG.NET- Sejumlah Aliansi organisasi masyarakat, organisasi kepemudaan, pondok pesantren dan tokoh masyarakat Jombang, mendeklarasikan kesetiaan mereka terhadap Pancasila dan NKRI, Jumat (28/7).

Kegiatan yang digelar di area Taman Asean yakni di bundaran Ringin Contong ini, diikuti oleh ratusan warga masyarakat dan Santri. Mereka perwakilan dari sejumlah organisasi, pondok pesantren dan tokoh masyarakat yang ada di Jombang.

Secara bergantian masing-masing perwakilan Ormas dan organisasi kepemudaan tampak menyampaikan orasinya di depan peserta acara deklarasi secara bergantian. Materi orasi seputar pernyataan diri sekaligus ajakan kepada masyarakat untuk menjaga Pancasila dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Hal ini sebagai bentuk dukungan Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo yang secara resmi mengeluarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) nomor 2 tahun 2017 tentang perubahan atas UU nomor 17 tahun 2013 tentang organisasi kemasyarakatan pada beberapa waktu yang lalu.

"Kami sangat menghargai upaya pemerintah untuk mengeluarkan Perppu dalam rangka menyatukan bangsa Indonesia ini, Pancasila jaya, NKRI harga mati," kata Rudi perwakilan dari umat Katolik saat menyampaikan orasinya.

Sementara, Eko mewakili lintas etnis Forum Komunikasi Masyarakat Jombang (FKMJ) menyatakan, setelah pemerintah resmi menerbitkan Perppu pembubaran Ormas anti Pancasila, jangan ada lagi oknum ataupun Ormas yang mencoba merongrong keberadaan Pancasila dan NKRI yang sudah final.

"Paham radikal dan anti Pancasila mari kita jauhi, dan kami siap basmi organisasi kemasyarakatan yang masih saja menentang Pancasila dan NKRI," ujarnya dengan suara lantang.

  
BACA JUGA, JOMBANG KEMBALI RAIH PENGHARGAAN KABUPATEN LAYAK ANAK http://www.suarajombang.net/2017/07/untuk-keempat-kalinya-kabupaten-jombang_25.html

Lebih lanjut, Ketua Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Jombang, H Zulfikar Damam Ikhwanto berharap, deklarasi kesetiaan dan dukungan terhadap Perppu nomor 2 tahun 2017 itu bisa tersampaikan kepada pemerintah provinsi hingga pusat.

"Deklarasi ini akan kita bacakan di depan Bupati dan Forkopimda, semoga aspirasi kita tentang kesetiaan terhadap Pancasila dan NKRI, dan dukungan kita terhadap Perppu yang dikeluarkan oleh pemerintah terutama untuk Ormas yang anti Pancasila dan NKRI disampaikan kepada pemerintah hingga pemerintah pusat," harapnya. Hal itu penting menurutnya, agar Perppu tetap dikawal dan bisa dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.
( Janji teruskan ke Pusat, Bupati Jombang (Berkacamata,Red) saat berada ditengah tengan massa pendukung Perppu anti ormas radikal )
Menanggapi hal itu, Bupati Jombang, Nyono Suharli Wihandoko yang juga hadir di tengah-tengah mereka menyampaikan kesediaannya untuk meneruskan aspirasi ratusan warga Jombang itu kepada pemerintah provinsi, kemudian dilanjutkan kepada pemerintah pusat.

"Kami atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Jombang menerima segala aspirasi yang luar biasa ini dan bentuk dukungan terhadap langkah pemerintah pusat yang telah mengeluarkan Perppu, dan saya akan meneruskan kepada pemerintah provinsi dan diteruskan kepada pemerintah pusat," ungkap Bupati Nyono yang saat iku didampingi Ketua DPRD, Kapolres serta Dandim 0814/Jombang. (Jod)