Bupati Jombang, Tiga Pilar Harus Solid Dan Intens Jaga Komunikasi - suarajombang.net

Terbaru

Senin, 17 Juli 2017

Bupati Jombang, Tiga Pilar Harus Solid Dan Intens Jaga Komunikasi




SUARAJOMBANG.NET- Kepala desa (Kades) se Kabupaten Jombang berkumpul di Pendopo Pemkab Jombang, Senin (17/7). Selain Kades, tampak juga Babinsa dan Babinkamtibmas. Ketiga unsur pemerintahan di tingkat desa yang disebut dengan Tiga Pilar tersebut sengaja diundang Bupati Jombang ke Pendopo untuk melakukan silaturrohmi dan sekaligus halal bihalal. Saat bertemu dengan para tiga pilar ini, Bupati Nyono didampingi Wabup, Ketua DPRD, Kapolres, dan Ketua PN Jombang.

Bupati Jombang Nyono Suharli Wihandoko dalam sambutannya menandaskan agar tugas Tiga Pilar ke depat tetap solid. Bupati Nyono menambahkan, melalui acara halal bihalal ini diharapkan antara Bhabinkamtibmas, Babinsa, dan Kades terjalin komunikasi yang intensif.

“Salah satu tugas Tiga Pilar adalah mewujudkan lingkungan yang tertib dan aman di masyarakat. Untuk mewujudkannya dibutuhkan komunikasi yang intens,” ujar Bupati Nyono. 

Apalagi, lanjut Bupati Nyono, perkembangan informasi saat ini sangat mudah diterima masyarakat. Bupati Nyono mengkhawatirkan informasi tersebut berujung pada situasi yang tidak kondusif. Sebab, jelasnya, banyak juga informasi yang justru membawa dampak negatif bagi masyarakat. “Kita sebagai warga Jombang harus bisa memilah mana informasi yang benar dan tidak,” ajaknya.

Jika tidak, lanjutnya, perpecahan di masyarakat akan mudah terjadi. Ia juga menandaskan bahwa kerukunan antar umat beragama harus dijaga. “Jangan mudah percaya dengan isu-isu yang bernada provokasi. Hal itu justru akan merugikan semua warga Jombang,” katanya.

Ia meminta agar Tiga Pilar mengantasipasi hal tersebut. Bupati Nyono menyampaikan Pemkab Jombang akan selalu mendukung tugas-tugas yang diemban Tiga Pilar. Menurutnya, bentuk dukungan tersebut sangatlah penting. Sebab, tugas tiga pilar di desa sangat berat dan kompleks. “Baik saat ini dan ke depan banyak program-program pemerintah daerah maupun pusat yang bertumpu di pemerintahan desa,” terang Nyono. 
( Bupati Jombang saat menyalami para Kades yang hadir di acara Halal Bihalal tersebut )
 Jika Tiga Pilar mampu menjaga sinergitas di desa, Bupati Nyono yakin program-program pemerintah akan berjalan sesuai dengan harapan. Di samping menjaga komunikasi intens antar ketiganya, dibutuhkan komitmen kuat dalam mewujudkan kemanan dan ketertiban di masyarakat. “Tiga Pilar juga harus pro aktif dalam segala kegiatan yang berkaitan dengan pelayanan masyarakat,” pungkas Nyono. 


Sementara Kapolres Jombang AKBP Agung Marlianto menyampaikan terima kasih kepada seluruh Tiga Pilar atas sinergitasnya sehingga Jombang selalu kondusif. Agung juga menyampaikan selama pelaksanaan Operasi Ramadniyah selama Ramadhan dan Hari Raya dapat berjalan lancar dan aman. 

"Ini semua karena kerja sama lintas sektoral. Bukan polisi atau TNI. Ini berkat kerja sama kita semua. Tidak ada yg hebat, kapolres pun hebat karena tiga pilarnya. Begitu juga yang ada di unsur TNI," ujar Agung.

Meski demikian, Kapolres Agung Marlianto meminta tiga pilar tetap waspada terhadap bahaya paham radikal yang ingin merongrong ideologi bangsa. "Oleh karena itu mari kita lawan, namun dengan penjelasan dan edukasi yang benar," katanya 

Menurutnya, menjaga kemanan adalah tugas bersama. Bukan tertumpu pada Babinsa atau Bhabinkamtibmas. “Kalau kondisi Jombang aman maka kesejahteraan masyarakat akan meningkat,” pungkas Agung. (Dj)