Bupati Jombang Masuk Nominator Penerima Nirwasita Tantra Award 2017 - suarajombang.net

Terbaru

Senin, 03 Juli 2017

Bupati Jombang Masuk Nominator Penerima Nirwasita Tantra Award 2017

SUARAJOMBANG.Net- Untuk pertama kalinya Kabupaten Jombang masuk sebagai nominator Nirwasita Tantra Award untuk tingkat kabupaten. Hal ini diketahui setelah Bupati Jombang Nyono Suharli Wihandoko mendapat undangan dari Kementrian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan (LHK) RI untuk pemaparan tahap akhir (final) program lingkungan hidup yang dijalankan di Kabupaten Jombang.

"Undangan untuk paparan tahap akhir tersebut akan dilakukan pada Rabu(5/7) besok di Kementrian LHK," ujar Yudi Adriyanto Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jombang, Senin (3/5/17).

( Tiap tahun pertahankan Adipura, Bupati Jombang bersama Piala Adipura tahun lalu  /Photo Jodi Kominfo )



Yudi menjelaskan berdasarkan penilaian dari tim independent yang terdiri dari unsur Akademisi, LSM dan Kementrian, Jombang berhasil masuk kedalam 12 Kabupaten nominator terbaik se Indonesia.

12 Kabupaten tersebut, diantaranya Tulungagung, Malang, Dharmasraya, Lumajang, Tanjung Jabung Timur, Kerinci, Lamongan, Sukoharjo, Madiun, Pesisir Selatan, Sleman dan Jombang.

Dijelaskan Yudi, penghargaan Nirwasita Tantra Award merupakan piala bergilir yang dikompetisikan setiap tahun bagi seluruh daerah. Nantinya akan terseleksi satu provinsi, satu kabupaten dan satu kota terbaik yang berhak memperoleh penghargaan tersebut.

“Nominator ini pertama kalinya bagi Jombang. Nanti pemenangnya diumumkan pada puncak acara Hari Lingkungan Hidup,”Jelas Yudi.

BACA JUGA, BUPATI PRESENTASI PROGRAM ADIPURA JOMBANG DI KEMENTRIAN LHK http://www.suarajombang.net/2017/06/bupati-nyono-optimis-jombang-bakal-raih.html

Menanggapi ini, Bupati Jombang mengaku siap untuk memaparkan kondisi lingkungan hidup di Kabupaten Jombang. Menurutnya, bersama dengan Dinas Lingkungan Hidup Daerah pihaknya memiliki komitmen tinggi untuk melestarikan lingkungan hidup demi kesejahteraan masyarakat

“Permasalahan lingkungan hidup di Jombang selalu ada, namun dengan komitmen bersama antara pemerintah daerah Forkopimda, LSM dan masyarakat, kita tetap berusaha melestarikan lingkungan,”terangnya.

 
( Untuk urusan lingkungan, Bupati Jombang t tak segan untuk turun lapangan bersama warga ikut membersihkan lingkungan  /Photo Jodi Kominfo )
Nirwasita Tantra Award merupakan penghargaan yang diberikan oleh Pemerintah Pusat melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bagi kepala daerah yang berkomitmen tinggi terhadap pelestarian lingkungan hidup.

  
BACA JUGA , HARI PERTAMA MASUK KERJA USAI CUTI LEBARAN DI PEMKAB JOMBANG  http://www.suarajombang.net/2017/07/hari-pertama-masuk-para-pegawai-pemkab.html

Kabupaten Jombang berdasarkan penilaian berhasil masuk kedalam seleksi tahap akhir nominator peraih penghargaan Nirwasita tantra. Hal ini dikarenakan kepala daerahnya memiliki kepemimpinan yang baik dan terbukti berhasil menata dan mengelola Lingkungan Hidup di wilayahnya sesuai dengan prinsip metodologi pembangunan berkelanjutan guna memperbaiki kualitas lingkungan hidup didaerahnya.

Berdasarkan dokumen Status Lingkungan Hidup Daerah (SLHD) yang dimiliki, Kabupaten Jombang terbilang cukup lengkap, mulai dari dokumen yang menyatakan kondisi, permasalahan, kebijakan atau program yang ditetapkan dan diterapkan oleh daerah dalam melakukan pengelolaan lingkungan hidup di Kabupaten Jombang. (Jod)