Pastikan Tol Jo-Ker Siap Dilalui, Bupati Jombang Lakukan Sidak - suarajombang.net

Terbaru

Senin, 19 Juni 2017

Pastikan Tol Jo-Ker Siap Dilalui, Bupati Jombang Lakukan Sidak




SUARAJOMBANG.NET- Untuk memastikan tol Jombang-Mojokerto (Joker) yang sudah resmi dibuka siap digunakan untuk mudik Lebaran, Bupati Jombang Nyono Suharli Wihandoko didampingi  Kapolres AKBP Agung Marlianto dan Dandim 0814/Jombang Letkol Arh.M Fatkhurahman melakukan pengecekan jalur sepanjang 40,5 kilometer tersebut, Senin (19/6/2017).

Rombongan Bupati Jombang ini masuk melalui gerbang tol di Mojokerto Barat (Kecamatan Gedeg) hingga berakhir di batas barat tol Joker yakni perbatasan wilayah Nganjuk-Jombang.

"Kita sudah melakukan pengecekan. Alhamdulillah semuanya siap. Bahkan sejumlah kendaraan sudah melintas mulai Minggu kemarin. Baik jalan tol yang sifatnya fungsional (proses pengerjaan) maupun jalan tol operasional (sudah resmi beroperasi)," ujar Bupati Nyono, usai melakukan pengecekan tol Joker.

Jalur operasional dan fungsional yang dimaksud adalah, jalur operasional terdiri dari seksi 1 yang menghubungkan wilayah Jombang bagian tengah (Kecamatan Tembelang) dengan wilayah batas Kabupaten Jombang sebelah barat (Kecamatan Bandar Kedungmulyo).
Serta seksi 3 yang menghubungkan Mojokerto (Kecamatan Jetis), kemudian Mojokerto Barat (Kecamatan Gedeg) yang sudah terhubung dengan ruas tol Surabaya-Mojokerto (Sumo).

 
( Bupati Jombang bersama Jajaran Forkopimda saat melakukan sidak kesiapan Tol Jo-Ker )
Sedangkan untuk jalur fungsional terdiri dari seksi 2 yang menghubungkan Jombang-Mojokerto Barat. Serta seksi 4 yang menghubungkan Kecamatan Bandar Kedungmulyo dengan batas barat tol Joker (perbatasan wilayah Nganjuk-Jombang).

Dan untuk kelancaran kendaraan yang melalui tol tersebut, sejumlah jalur tikus mulai ditutup. Jalur tikus adalah jalan yang selama ini digunakan oleh warga. Jalan tersebut menyeberangi jalan tol dan menghubungkan antar desa di Kabupaten Jombang.

Sebagai gantinya, kontraktor jalan tol membuat jalur underpas (lewat bawah) dan underpass (lewat atas). Nah, jalur tersebut digunakan oleh warga. Dengan begitu, tidak menganggu arus jalan tol.

BACA JUGA, RATUSAN PERSONIL SIAP  http://www.suarajombang.net/2017/06/jelang-hari-raya-idul-fitri-ratusan.html

"Seluruh jalan kabupaten yang melintas tol kita tutup. Karena jika kita biarkan hal itu sangat berbahaya, mengingat jalan tol Jombang-Mojokerto sudah digunakan arus mudik terhitung mulai hari ini," ujar Ahmad Rifan Tsamany, supervisor gerbang tol Jombang – Mojokerto yang juga ikut dalam rombongan.

untuk jalur operasional, terang Ahmad Rifan tetap dikenakan biaya sesuai tarif yang berlaku. Sedangkan jalur fungsional gratis. “Hanya saja, untuk jalur fungsional dibuka mulai pukul 06.00 hingga 17,00 WIB. Sementara untuk fungsional masih menggunakan satu jalur" pungkasnya. (Joe)