Rumah Pintar Pemilu Gus Dur Jombang, Diresmikan Ketua KPU RI - suarajombang.net

Terbaru

Minggu, 23 April 2017

Rumah Pintar Pemilu Gus Dur Jombang, Diresmikan Ketua KPU RI


SUARAJOMBANG.net- Rumah Pintar Pemilu “Gus Dur” yang dibentuk oleh KPU Jombang akhirnya diresmikan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia Arief Budiman, Sabtu (22/04/2017). Saat meresmikan Ketua KPU RI didampingi Bupati Jombang Nyono Suharli Wihandoko. Peresmian ditandai dengan penandatangnan prasasti dan pemukulan kentongan secara bersama sama.

Hadir saat peresmian diantaranya dari KPU Provinsi Jawa Timur jajaran Forkopimda Jombang, Pimpinan Partai Politik, Tokoh Agama dan Masyarakat, serta perwakilan organisasi masyarakat (Ormas).

Terkait penggunaan nama “RPP Gus Dur”, Muhaimin Sofie Ketua KPUD Jombang menjelaskan nama RPP Gus Dur adalah kependekan dari Gubuk Sosialisasi Demokrasi untuk Rakyat yang mempunyai makna tempat pertemuan.

Gubuk, Lanjut Muhaimin identik dengan tempat berkumpulnya petani yang membahas segala persoalan pertanian. Bertolak dari semangat dan fungsi yang strategis itu KPU Jombang pun bersepakat memberi nama Rumah Pintar Pemilu dengan nama RPP Gusdur. “Dengan filosofi ini RPP Gusdur dapat menjadi inisiasi berbagai kegiatan masyarakat luas,” katausai peresmian.

Usai diresmikan, Ketua KPU RI Arief Budiman bersama Bupati Jombang dan Forkopimda langsung meninjau beberapa ruas dan ruangan sudut demi sudut ruang pintar pemilu.

Bupati Jombang Nyono Suharli Berharap keberadaan RPP Gusdur ini bisa menjadi tempat sharing informasi antara pihak KPU dengan masyarakat yang mengikuti perkembangan pemilihan umum baik pemilihan umum maupun pemilihan kepala daerah.

Lebih lanjut Bupati mengatakan jika diperlukan Pemkab Jombang siap membantu sarana dan prasana, sehingga pelayanan di RPP Gusdur menjadi lebih bagus.

“Apalagi tujuan dari RPP Gusdur ini mencerdaskan masyarakat Jombang. harapannya bukan hanya KPU-nya saja yang pintar tetapi juga masyarakat Jombang jadi lebih pintar lagi dan paham benar tentang Pemilu, sehingga angka margin pemilih dalam Pemilu tahun depan semakin meningkat,”tandasnya. 

( Ketua KPU RI dan Bupati Jombang saat mendapat penjelasan terkait RPP Gus Dur oleh salah satu Komisioner KPU Jombang )
Sementara Ketua KPU RI Arief Budiman yang baru terpilih sebagai Ketua KPU RI pada 12 April 2017 lalu ini sangat mengapresiasi adanya RPP di Jombang. Namun ia meminta KPUD Jombang segera mempersiapkan diri menggelar untuk persiapan pilkada serentak 27 Juni 2018 mulai dari kebutuhan anggaran hingga rencana tahapan lainnya. Sebab kata dia, proses pentahapan akan dimulai pada Agustus 2017 mendatang.

“Hasil pleno KPU telah diputuskan ada 171 kabupaten/kota dan provinsi yang akan melaksanakan pemilihan kepala daerah pada 27 Juni 2018. Sehingga masing-masing KPU harus menyiapkan tahapan dan anggaran. Sebelum Agustus 2017, anggaran harus sudah fix,” kata Arif Budiman. (Jodi)