Pencanangan Gerakan Tanam Cabe Serentak, Sebagai Solusi Melonjaknya Harga Cabe - suarajombang.net

Terbaru

Selasa, 11 April 2017

Pencanangan Gerakan Tanam Cabe Serentak, Sebagai Solusi Melonjaknya Harga Cabe


SUARAJOMBANG.net- Terus melonjaknya harga cabe dipasaran mendorong Pemerintah kabupaten Jombang mencari solusi untuk mengatasinya. Yang terbaru Pemkab Jombang melalui Dinas Ketahanan pangan mendorong masyarakat untuk menanam cabai di halaman rumah masing-masing, yakni dengan melakukan pencanangan Gerakan Tanam Cabe serentak.
( Ayo tanam cabe di pekarangan rumah, sebagai solusi mengatasi pembelian cabe yang harganya terus melonjak )
Bersama dengan Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Jombang, Pencanangan dilakukan di Desa Banjardowo Kecamatan Kabuh, Selasa (11/4). Pencanangan gerakan Tanam cabe ini ditandai dengan penanaman bibit Cabe yang dilakukan secara bersama sama oleh Bupati Jombang Nyono Suharli Wihandoko, Ketua TP PKK Jombang Hj.Tjaturina Yuliastuti, Plt.Kepala Dinas Ketahanan pangan Heri Setyabudi.

Sejumlah Anggota DPRD Jombang juga tampak ikut menanam bibit cabe yang ditanam di sebuah lahan yang telah disediakan. Tidak hanya itu puluhan siswa PAUD desa setempat juga dilibatkan untuk menanam bibit cabe ini.

Bupati Jombang Nyono Suharli Wihandoko mengatakan pencanangan tanam cabe serentak ini adalah upaya yang dilakukan untuk mengurangi biaya pembelian kebutuhan sehari hari utamanya cabe. “Dengan punya tanaman cabe sendiri biaya pengeluaran kebutuhan sehari sehari utamanya pembelian cabe bisa berkurang ,”kata Bupati usai pencanangan. 

Bupati Nyono berharap dengan pencanangan ini masyarakat Jombang yang lain bisa mengikutinya dengan menanam bibit cabe di pekarangan rumah. “Menanam cabe ini sangat mudah, dipekarangan rumah atau di polybag pun bisa, jadi sangat mudah, dan kita akan dapat manfaat yang banyak,”katanya. 

Tjaturina Yuliastuti Wihandoko Ketua TP PKK Jombang menyebut Gerakan Tanam Cabe merupakan gagasan Kementerian Pertanian dan Tim Penggerak PKK Pusat. “Gerakan tanam cabe sejalan dengan Program PKK, baik program PKK Jawa Timur juga TP PKK Kabupaten Jombang,"tutur Tjaturina.
 

Konsep penanaman aneka tanaman buah, sayur dan toga maupun cabe ini, menurut Tjaturina sudah dilakukan PKK mulai tingkat rumah tangga melalui program Karang Kitri dan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL). Kawasan Rumah Pangan Lestari merupakan kerja sinergi PKK dengan para SKPD terkait selaku Pembina di Tingkat Kabupaten.
"KRPL ini memanfaatkan pekarangan dan sekaligus membangun kawasan dengan beraneka ragam tanaman. Ketahanan pangan ini masuk dalam 10 program pokok PKK dan sudah direalisaikan hingga tingkat dasa wisma,” kata Tjaturina
.

Sementara Heri Setyobudi, Plt Ketahanan Pangan Kabupaten Jombang, mengatakan pihaknya sangat konsisten dalam mewujudkan Ketahanan Pangan Nasional maupun Ketahanan Pangan di Jombang.

“Dan untuk menyukseskan program tanam cabe serentak ini kita sudah siapkan bibit cabe sejumlah 60 ribu bibit yg siap ditanam di berbagai wilayah diJombang," bebernya. (*)