Harga Cabe Makin Pedas, Ini Solusi Yang Dilakukan PKK Jombang - suarajombang.net

Terbaru

Senin, 10 April 2017

Harga Cabe Makin Pedas, Ini Solusi Yang Dilakukan PKK Jombang

SUARAJOMBANG.net- Harga cabe yang tak menentu mendorong banyak pihak untuk memutar otak dalam mengatasinya. Seperti yang dilakukan Tim Penggerak PKK Jombang, untuk mengatasi harga cabe yang makin pedas itu, organisasi yang terdiri dari para ibu ibu ini membuat sebuah gerakan yakni Gerakan Tanam Cabe.
( Solusi atasi harga cabe yang makin melejit, Ketua TP PKK Jombang didampingi Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan Jombang membagikan bibit cabe untuk ditanam di pekarangan )
Gerakan Tanam Cabe ini mendapat dukungan dari Dinas Ketahanan PanganJombang yang ditandai dengN adanya kesepakatan/MOU antara dinas tersebut dengan PKK dalam mendukung suksesnya Gerakan Tanam Cabe ini. MoU tersebut dilakukan pada Senin,(10/4/2017) di Gedung PKK saat diadakannya agenda Rapat Pleno PKK.

Usai dilakukan MOU, Gerakan tanam cabe di Kabupaten Jombang diawali dengan penyerahan bibit cabe oleh Ketua TP PKK Kabupaten kepada seluruh PKK kecamatan. Penyerahan bibit cabe disaksikan juga oleh Ketua juga perwakilan dari organisasi wanita, juga para istri DPRD yang hadir.

Heri Setyobudi, SP,MM. Plt Ketahanan Pangan Kabupaten Jombang saat sambutan didepan para kader PKK mengatakan, pihaknya dalam mewujudkan Ketahanan Pangan Nasional maupun Ketahanan Pangan di Jombang sekaligus menindaklanjuti MOU Dinas Ketahanan Pangan dan PKK, sepakat untuk menyukseskan program tanam cabe ini.

"Dan kita sudah siapkan bibit cabe sejumlah 60 ribu bibit yg siap ditanam di berbagai wilayah diJombang," bebernya.

Tjaturina Yuliastuti Wihandoko Ketua TP PKK Jombang menyebut Gerakan Tanam Cabe merupakan gagasan Kementerian Pertanian dan Tim Penggerak PKK Pusat.  “Gerakan tanam cabe sejalan dengan Program PKK, baik program PKK Jawa Timur juga TP PKK Kabupaten Jombang,"tutur Tjaturina.

Konsep penanaman aneka tanaman buah, sayur dan toga ini, menurut Tjaturina sudah dilakukan PKK mulai tingkat rumah tangga melalui program Karang Kitri dan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL). Kawasan Rumah Pangan Lestari merupakan kerja sinergi PKK dengan para SKPD terkait selaku Pembina di Tingkat Kabupaten. 


"KRPL ini memanfaatkan pekarangan dan sekaligus membangun kawasan dengan beraneka ragam tanaman. Ketahanan pangan ini masuk dalam 10 program pokok PKK dan sudah direalisaikan hingga tingkat dasa wisma,” kata Tjaturina usai menerima bibit tanaman cabe dari Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Jombang.

Dengan adanya gerakan tanam cabe ini, Kata Tjaturina diharapkan dapat memberikan motivasi para kader PKK juga semua pihak untuk gemar menanam utamanya cabe.

“ Tidak salah pemerintah mengajak ibu-ibu PKK dalam mensukseskan program tanam cabe, karena PKK mulai tingkat bawah dapat membantu menggerakkan program ini, termasuk anak PAUD sejak dini juga bisa diajak untuk gemar menanam,” tutur istri Bupati Jombang ini.

Sedangkan untuk pencanangan gerakan ini, Lanjut Tjaturina akan dilaksanakan di Desa Banjardowo Kecamatan Jombang dan di Kecamatan Kabuh. "Selanjutnya akan diikuti oleh desa yang lain di Jombang secara serentak," tandasnya.(*)

( Bibit bibit cabe ini akan ditanam dengan harapan dapat mengurangi beban pembelian cabe yang harganya tak menentu )