Cegah Kasus Kekerasan Perempuan Dan Anak, Pemkab Jombang Bentuk Tim P2TP2A Dan Forum SAPPA - suarajombang.net

Terbaru

Senin, 03 April 2017

Cegah Kasus Kekerasan Perempuan Dan Anak, Pemkab Jombang Bentuk Tim P2TP2A Dan Forum SAPPA

SUARAJOMBANG.net- Pemkab Jombang terus berupaya untuk mencegah dan menekan kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak yang marak terjadi. Oleh sebab itu Pemkab Jombang membentuk Tim Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) dan Forum Sahabat Peduli Perempuan dan Anak (SAPPA) Kabupaten Jombang.

Tim yang terdiri dari 52 orang pengurus dengan Ketua Ir. Hj.Tjaturina Wihandoko, MM tersebut dikukuhkan Bupati Jombang Drs. Ec. H. Nyono Suharli Wihandoko, Senin (3/4/17) di Pendopo Kabupaten. Hadir saat pengukuhan tersebut diantaranya Wakil Bupati Jombang sertaJajaran Forkopimda Jombang.

Bupati Jombang Nyono Suharli berharap seluruh jajaran pengurus P2TP2A dan Forum SAPPA yang terdiri dari para tokoh masyarakat segera melakukan kerja nyata untuk mencegah dan menekan kasus kekerasan perempuan dan anak juga trafficking di Jombang.

"Saya minta setelah di lantik ini, langsung action memberikan pencerahan pada masyarakat agar turut peduli terhadap perempuan dan anak karena sebagai aset bangsa,"tutur Bupati Nyono Suharli.

( Komitmen Cegah kasus kekerasan terhadap Perempuan dan Anak, Tjaturina Yuliastuti Ketua P2TP2A Jombang)
Usai dilantik Ketua P2TP2A dan Forum SAPPA Jombang, Tjaturina Wihandoko mengajak semua pihak bisa berkontribusi lebih baik lagi, yakni dengan mensosialisasikan kepada masyarakat agar mereka mengetahui dan memahami bahaya trafficking maupun kekerasan yang dilakukan kepada perempuan dan anak.

Tjaturina juga meminta kinerja Posko Sambung Rasa ditiap desa lebih dioptimalkan. Sehingga jika ada kasus dapat segera diselesaikan ditingkat desa.

"Mari wujudkan Lingkungan Keluarga Ramah Perempuan dan Anak Melalui Jejaring P2TP2A dan Forum Anak,' tutur Istri Bupati Jombang ini.

Tjaturina Yuliastuti yang akrab di panggil Bunda Tjatur ini juga berharap kinerja P2TP2A dan Forum SAPPA semakin meningkat, sehingga upaya mengurangi angka kekerasan pada perempuan anak anak-anak di Jombang melalui sosialisasi, iklan layanan masyarakat lebih optimal.

"Mari kita jaga anak-anak kita, jauhkan mereka dari segala tindak kekerasan. DanJika menemukan tindak kekerasan kepada perempuan maupun anak-anak, segera laporkan,"tegasnya.

Usai pelaksanaan pengukuhan, acara yang juga dihadiri anggota PKK Kabupaten dan Kecamatan, GOW, Karang Taruna, Kasi Trantib Kecamatan, Himpaudi, penyuluh Agama Kecamatan tersebut dilanjutkan dengan seminar Human Trafficking dan Pencegahan Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak.

Narasumber yang dihadirkan di seminar ini diantaranya Heru Widjayanto dari Dinas Nakertrans Jombang, Iptu Dwi Retno, dari Unit Pelayanan Perempuan Anak Polres Jombang dan Nurkamalia dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Jombang.(*)