Keterbukaan Informasi, Pemkab Jombang Optimalkan Peran PPID Utama Dan Bentuk PPID Pembantu - suarajombang.net

Terbaru

Rabu, 22 Maret 2017

Keterbukaan Informasi, Pemkab Jombang Optimalkan Peran PPID Utama Dan Bentuk PPID Pembantu


SUARAJOMBANG.net- Diberlakukannya undang-undang nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik telah memberikan landasan hukum terhadap hak setiap orang untuk memperoleh informasi publik. 
 
( Salah satu narasumber saat memberikan pemaparan / Photo; Diskominfo )
Sehingga Pemkab Jombang melalui Dinas Kominfo Kabupaten Jombang pada senin (20/3) di Ruang Soero Adiningrat Pemkab Jombang melakukan optimalisasi peran Pejabat Pengelola Informasi Dan Dokumentasi (PPID) serta sosialisasi pembentukan PPID pembantu di lingkup Pemkab Jombang.

“Kegiatan ini untuk memberikan wawasan pengetahuan dan memberikan pemahaman tentang tugas, peran, dan fungsi pejabat pengelola informasi dan dokumentasi serta mempunyai target dan tujuan yang salah satunya adalah terbentuknya PPID pembantu diseluruh OPD (Organisasi Perangkat Daerah) di Kabupaten Jombang”Jelas Kepala Bidang Pengelolaan Komunikasi dan Informasi Publik Diskominfo Jombang, Prasetyo Widodo.

Sedangkan, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Drs. Purwanto, MKP saat membuka sosialisasi tersebut menyampaikan upaya membentuk PPID ini adalah langkah tepat, karena informasi bisa di sebar luaskan atau dirahasiakan dengan baik jika ada tenaga ahli atau pejabat yang memiliki kemampuan dalam hal penyimpanan, pendokumentasian, penyediaan dan atau pelayanan informasi.

“Sikap kehati – hatian dan kewaspadaan dalam memberikan informasi kepada masyarakat harus tetap diperhatikan, mengingat ada sebagian informasi yang bersifat rahasia dan dilindungi undang – undang” tegas Purwanto.

Ditambahkan Purwanto, tugas PPID kedepan memang sangat berat dalam memberikan pelayanan informasi. “PPID bertanggung jawab dibidang penyimpanan, pendokumentasian, penyediaan dan /atau pelayanan informasi di bidang publik dan bertanggung jawab langsung kepada atasan PPID”, pungkasnya.

Selain Purwanto, Kegiatan ini juga menghadirkan narasumber dari Dinas Kominfo Provinsi Jawa Timur, Drs Agus Dwi Muhanan, Msi selaku Kepala Seksi Layanan Informasi yang menyampaikan materi terkait dengan eksistensi Peran PPID dan penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP) pelayanan informasi.  


SUMBER ; DISKOMINFO JOMBANG
EDITOR   ; SUARAJOMBANG.net