Calo CPNS Dibekuk, Tipu Korban Hingga Ratusan Juta - suarajombang.net

Terbaru

Kamis, 02 Maret 2017

Calo CPNS Dibekuk, Tipu Korban Hingga Ratusan Juta





SUARAJOMBANG.net- Penipuan berkedok bisa meloloskan seseorang bisa menjadi (Pegawai Negeri Sipil) kembali terjadi di Kabupaten Jombang. Kali ini pelakunya Edi Kusdarwanto alias Ambon (46), warga Jl Anggrek, Desa Mojowangi, Kecamatan Mojowarno, berhasil dibekuk petugas Polres Jombang. Edi diduga melakukan penipuan dengan modus rekrutmen PNS (Pegawai Negeri Sipil). Dalam menjalankan aksinya, Edi mengaku sebagai salah satu pejabat di Dinas Pertanian Pemprov Jatim.

Penangkapan pelaku bermula dari laporan Hari Budi Santoso (46), warga Kecamatan Diwek. Hari mengaku didatangi pelaku dan menawarkan jasa bahwasannya bisa memasukkan anak korban menjadi PNS. Namun syaratnya Hari harus membayar uang pelicin yang jumlahnya Rp150 juta.
 

Korban menyanggupinya. Apalagi, Edi mengaku sebagai seorang pejabat di Pemprov Jatim. Memang saat datang ke rumah korban, pelaku mengenakan seragam warna cokelat keki layaknya PNS. Singkat cerita, Hari akhirnya menyerahkan uang muka sebesar Rp45 juta.
 

Kekurangan uang itu akan dibayar jika anak korban mendapatkan SK pegawai negeri di lingkungan Pemprov. Meski uang itu sudah dibayar sejak 2014, namun hingga saat ini janji pelaku bisa memasukkan anak korban sebagai PNS hanya angin surga.
 

Yakin menjadi korban penipuan, Hari akhirnya melaporkan kasus tersebut ke polisi. Selanjutnya, Polres Jombang melakukan penyelidikan dan berhasil membekuk Edi di sebuah warung di Desa Jelakombo Kecamatan Jombang.
 

"Selain menangkap pelaku, kami juga menyita sejumlah barang bukti. Diantaranya kartu ATM serta rekening tabungan, uang tunai sebesar Rp100 ribu, dan satu unit sepeda motor Honda CS 1 nopol S-3792-XB. Pelaku dijerat pasal 378 KUHP tentang penipuan dengan ancaman 4 tahun penjara," kata Kepala Sub Bagian Humas Polres Jombang, Iptu Subadar, Kamis (2/3/2017). (*)