Amankan Harga Beras, Pemkab Jombang Gelar Sosialisasi Perberasan - suarajombang.net

Terbaru

Kamis, 30 Maret 2017

Amankan Harga Beras, Pemkab Jombang Gelar Sosialisasi Perberasan


SUARAJOMBANG.net- Pemkab Jombang melalui Dinas Ketahanan Pangan terus berupaya mengamankan harga gabah untuk musim panen tahun 2017. Langkah yang dilakukan yakni dengan menggelar rapat Koordinasi Kebijakan Perberasan dan sosialisasi serap gabah petani (Sergap) diluar kualitas, Kamis (30/3/17) di Pendopo Pemkab. Sosialisasi dihadiri puluhan petani dan kelompok tani (Poktan) yang ada di Jombang. Tampak pula jajaran Kodim 0814/Jombang, Pihak Perbankan.
 

Sosialisasi yang dibuka oleh Bupati Jombang Nyono Suharli Wihandoko tersebut juga di hadiri Wabup Hj.Mundjidah Wahab, Dandim 0814/Jombang Letkol Arh.M Fatkhurahman, Kepala Kejaksaan Negeri Jombang serta Camat se Kabupaten Jombang.

Hery Setyabudi, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Jombang menyebut sosialisasi tersebut berdasarkan Perpres No 20 Tahun 2017 Dan Permentan No 3 tahun 2017 dalam rangka ketahanan pangan nasional, serta Inpres No 5 Tahun 2015 Tentang Harga Pembelian Pemerintah (HPP), Kebijakan Pengadaan beras dan penyaluran beras oleh pemerintah.

Dibeberkan, Hery Setyabudi Kebijakan perberasan terutama kebijakan harga tunggal atau harga beras medium (Satu Kualitas) tidak mengalami perubahan sejak diberlakukan 48 Tahun silam. Padahal ,lanjutnya selama lebih empat dekade tersebut aspek perberasan dan lingkungan berubah secara signifikan.

“Harga Pembelian Pemerintah (HPP) tunggal yang tidak mempertimbangkan aspek musim dan kualitas beras tidak lagi relevan. Kebijakan itu hanya akan mempersulit pemerintah dalam mengintervensi ketika terjadi kegagalan pasar, harga akan naik turun,”bebernya.

“Kebijakan HPP Multikualitas pada beras diyakini akan mendorong pedagang/penggiling untuk meningkatkan produksi beras berkualitas lewat proses penggilingan yang lebih baik dan perbaikan mesin dan operator,”kata Bupati Nyono Suharli saat memberikan sambutan. (*)
 
( Peserta Sosialisasi perberasan di Pendopo Pemkab )