Musrenbang Kecamatan Peterongan Di Buka Bupati Jombang - suarajombang.net

Terbaru

Rabu, 08 Februari 2017

Musrenbang Kecamatan Peterongan Di Buka Bupati Jombang


SUARAJOMBANG.net- Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Di Kecamatan Peterongan secara resmi dibuka Bupati Jombang Nyono Suharli Wihandoko di Pendopo Kecamatan setempat, Kamis (9/2/17). 
( Bupati Jombang Nyono Suharli Wihandoko saat memberikan sambutan pengarahan kepada  para Kades dan Delegasi Musrenbang Kecamatan Peterongan /Photo,Jodhie )
Musrenbang merupakan media aspirasi publik untuk menjaring usulan-usulan program yang bersifat bottom up, dimana masyarakat diikut sertakan dalam penyusunan program pembangunan pemerintah. Dengan adanya musrenbang ini diharapkan pembangunan fisik dan non fisik terlaksana dengan baik dan tepat sasaran.
 

Saat membuka Musrenbang tersebut, Bupati Nyono Suharli mengatakan bahwa salah satu tahapan untuk merencanakan pembangunan dan rencana kerja adalah melalui musrenbang. Karena tidak ada program kerja yg datang secara tiba tiba.

Harus ada perencaan, dan perencanaan ini semua berasal dari bawah yakni dari desa kemudian di bahas di tingkat kecamatan. Dan Finalnya adalah Musrenbang tingkat kabupaten, yang kemudian kembali dicari mana yg menjadi prioritas program pembangunan.


"Nah, di musrenbang tingkat kabupaten, akan diketahui mana program pembangunan yg menjadi prioritas,Namun tentunya harus di sesuaikan dengan anggaran yang ada," tandas bupati.


Lebih lanjut Bupati menyatakan, musrenbang merupakan langkah kongkrit merancang arah pembangunan secara transparan, berkualitas dan akuntabel. “Perencanaan pembangunan, harus selalu berkesinambungan sesuai dengan amanah aturan perundang undangan yang berlaku,”imbuhnya.


Musrenbang ini merupakan salah satu proses tahapan penyusunan rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) Kabupaten jombang Tahun 2018, yakni rencana tahun kelima dalam rencana rencana pembangunan jangka menengah daerah Kabupaten Jombang2014-2018 yang diarahkan untuk “perwujudan Jombang Sejahtera untuk semua”


Selain dihadiri oleh para Kepala Desa (Kades) dan delegasi dari desa se Kecamatan Peterongan, saat pembukaan musrenbang juga dihadiriCamat Peterongan,  Ketua DPRD dan Wakil Ketua DPRD serta sejumlah anggota DPRD Jombang.


Sementara Ketua DPRD Jombang H.Joko Triono dalam sambutannya mengatakan apresiasi atas terselenggaranya acara musrenbang ini, harapannya pelaksanaan musrenbang ini agar usulan-usulan sesuai dengan rancangan-rancangan pembangunan di Bappeda dan pokok-pokok pikiran DPRD. "program apa di kecamatan Peterongan ini yang akan didahulukan, Jadi untuk pembangunan harus ada yg diprioritaskan," katanya.


Usai membuka musrenbang di Kecamatan Peterongan, Bupati Nyono Suharli langsung membuka Musrenbang tingkat Kecamatan Mojoagung yang dilaksanakan di Pendopo Kecamatan Mojoagung. Sebelumnya Musrenbang Tingkat Kecamatan Kabuh dan Sumobito Juga di buka Bupati. (*)