Harlah Pesantren, Ribuan Santri Tambakberas Tampilkan Kirab Budaya - suarajombang.net

Terbaru

Kamis, 09 Februari 2017

Harlah Pesantren, Ribuan Santri Tambakberas Tampilkan Kirab Budaya

SUARAJOMBANG.net- Memperingati harlah pondok pesantren ke-192, madrasah ke-102, dan haul masayikh Bahrul Ulum Tambakberas, ribuan santri Ponpes Tambakberas, menggelar kirab budaya.

Kirab ini digelar di lapangan Untung Suropati Tambakberas (08/2/2017). Dalam kirab yang bertema "Dinamika Islam Nusantara" itu diikuti sekitar 39 ribath di Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas. 
Dari ribuan peserta kirab, mereka menunjukkan kekreatifannya dengan mengusung tiap-tiap budaya dari berbagai provinsi di Indonesia. Sebut saja Bali, Lombok, Sulawesi, Manado, Madura, hingga Papua.

Selain unjuk kemampuan berkreasi dalam bentuk busana dan miniatur budaya, mereka juga menjelaskan profil dari setiap budaya yang mereka usung di depan juri dan jajaran pengasuh pondok.

Ketua Pondok Pesantren Bahrul Ulum KH Hasib Wahab Hasbulloh mengapresiasi masing-masing kreasi santri. Menurutnya penampilan miniatur dari berbagai budaya di Indonesia adalah bentuk sebuah kebinekaan Indonesia yang harus dijaga.

"Saya sangat mengapresiasi kekreativitasan kalian semua. Macam-macam budaya yang telah kalian tampilkan adalah bentuk keberagaman Indonesia. Namun semoga dengan keberagaman tersebut kita dapat menjaga budaya Indonesia dengan sebaik mungkin," tandasnya.

Lebih lanjut, ketua panitia Shofiul Fajar Muhammad menyampaikan kegiatan ini juga sebagai media santri untuk lebih saling mengenal budaya atau adat di berbagai daerah.

"Kami berharap dengan mengadakan kirab dengan mengambil tema budaya dari berbagai provinsi di Indonesia, diharapkan santri Bahrul Ulum juga mampu lebih mengenal budaya Indonesia," ujarnya.

Masih dalam perayaan harlah, panitia juga menggelar lomba hias balon dan pertunjukan makanan khas setiap daerah. Kegiatan ini diikuti perwakilan dari berbagai Hisbu (Himpunan Santri Bahrul Ulum).

Untuk diketahui kegiatan kirab ini menjadi agenda rutin dalam peringatan harlah Pondok Pesantren Bahrul Ulum.

Sementara, untuk pemenang kirab kali ini, juara pertama diraih ribath Al-Amanah dan pemenang kedua ribath Al-Fathimiyah. Sedangkan untuk kirab putra, juara pertama disabet Ribath Bahrul Ulum dan yang kedua ribath Al Muhajirin I.

Selanjutnya untuk pemenang hias balon, juara pertama dimenangkan Hisbu Hisma (Himpunan Santri majapahit) dan juara dua dari Hisbu Iskc (cirebon). (Nitizen)  (*)