Dukung Gerakan Save The Plastic di Jombang, Bupati Bikin Ecobrick - suarajombang.net

Terbaru

Kamis, 23 Februari 2017

Dukung Gerakan Save The Plastic di Jombang, Bupati Bikin Ecobrick


SUARAJOMBANG.net- Bersama puluhan relawan lingkungan, Bupati Jombang Nyono Suharli Wihandoko tak canggung membuat ecobrick, yakni bata ramah lingkungan yang terbuat dari bekas botol air mineral kemasan yang diisi dengan plastik. 
( Bersama dengan para siswa, Bupati Nyono membuat ecobrik )
Aksi selamatkan plastik (save the plastic) itu dilakukan pada Kamis (23/2/17) di RTH Taman Kebonrojo dalam rangka peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) di Kabupaten Jombang.

Bupati Nyono tak sendiri dalam kampanye pembuatan ecobrick massal. Ikut serta Dansatradar 222 Letkol Dwi Purnomo, dan Ketua Pengadilan Negeri, Agus Hamzah.


"Ini sebagai bentuk nyata kepedulian kita terhadap penyelamatan lingkungan. Sebab, kita tahu jika Indonesia punya problem serius terkait tata kelola sampah," ungkap Bupati Nyono Suharli.


Dalam peringatan HPSN bertajuk Dari Polusi Jadi Solusi tersebut, jajaran Forkopimda bersama Bupati Nyono menjajal kekuatan ecobrick yg ditata dan difungsikan sebagai meja dan kursi.


Tatanan pecahan plastik dimasukkan botol bekas air mineral dan direkatkan antar botol itu diiinjak para tamu. Dan ecobrick itu tetap kuat menyangga beban berat hingga sekitar 80kg.


"Terimakasih kepada seluruh masyarakat termasuk swasta yang selama ini terlibat aktif dalam gerakan peduli lingkungan disekitarnya," ujarnya.

 
( Antusias, Bupati Nyono saat mencoba rompi yang terbuat dari plastik bekas makanan )
Yudi Adrianto, kepala Dinas LH dalam sambutannya mengatakan, selain ecobrick masal, HPSN juga diramaikan dengan aksi melukis tong komposter, aksi resik kali oleh Komunitas Santri Jogo Kali pada Jumat (24/2) di Dam Mojokrapak & Tambakrejo.


Juga dilakukan aksi bersih lingkungan seluruh jajaran pemkab, TNI & Polri serta pameran produk organik. "Aksi bersama ini adalah untuk menyelamatkan generasi dari dampak negatif sampah plastik yg dibuang sembarangan."katanya.


Diacara yang dihadiri sejumlah relawan lingkungan dan sekolah adiwiyata di Jombang ini juga ditandai dengan deklarasi Jombang bebas sampah 2020 sebagai upaya menjaga lingkungan oleh perwakilan dari sekolah.


Dalam kesempatan ini Bupati Nyono juga mendaftarkan diri untuk ikut menjadi nasabah di Bank Sampah pusat yang dikelola Dinas Lingkungan Hidup. Hal ini dilakukan untuk memberi contoh masyarakat agar dapat memanfaatkan sampah dari segi ekonomi.

Kegiatan pagi itu diakhiri dengan pemberangkatan kendaraan operasional Bank Sampah oleh Bupati bersama jajaran Forkopimda. (Jodi)