Camat Jombang Raih Penghargaan Dari Bupati Jombang - suarajombang.net

Terbaru

Kamis, 16 Februari 2017

Camat Jombang Raih Penghargaan Dari Bupati Jombang


"Keberhasilan Camat Jombang Bambang Sriyadi membawa Dua Kecamatan Yakni Kecamatan Perak Dan Jombang Berstatus ODF berbuah penghargaan dari Bupati Jombang"
( Camat Berprestasi, Dua Kecamatan berhasil dibebaskan dari berak sembarangan , Camat Jombang saat menerima penghargaan dari Bupati Jombang )

SUARAJOMBANG.net- Upaya Bambang Sriyadi Camat Jombang dalam mengubah perilaku warganya untuk tidak buang air besar di sembarang tempat akhirnya berbuah penghargaan dari Bupati Jombang. Hal ini setelah Pemkab Jombang pada Desember 2016 memberikan status Kecamatan Jombang sebagai Kecamatan Open Defication Free (ODF). Artinya Kecamatan Jombang sudah terbebas dari warga yang buang air besar (Berak) di sembarang tempat.

Penghargaan dari Bupati Jombang tersebut di terima Camat Bambang Sriyadi usai digelarnya Upacara Gabungan TNI, Polri Dan Korpri di Lapangan Pemkab Jombang, Jumat (17/2/17).

Sejumlah cara dilakukan Camat Bambang Sriyadi agar warganya tidak buang air besar disembarang tempat. Dijelaska Bambang, Yang pertama dilakukan, dirinya bersama aparat desa mendata warga yang tidak memiliki jamban sendiri. “Setelah itu kita beri penyuluhan dan pemahaman agar mereka bisa memiliki jamban sendiri,”jelasnya.

Bagi warga yang kurang mampu, lanjut Bambang kita sarankan untuk ikut arisan jamban. “untuk arisan jamban, kita bekerja sama dengan Bank Jombang,”terangnya. Memang tidak mudah untuk mengubah perilaku warga. “Namun demi kebaikan mereka secara perlahan dan telaten perilaku itu bisa kita ubah,”kata Bambang.

Tidak hanya Kecamatan Jombang yang berhasil dibebaskan dari perilaku berak disembarang tempat. Sebelumnya saat menjabat sebagai Camat di Kecamatan Perak pada Tahun 2012, Bambang Sriyadi juga mampu menjadikan kecamatan tersebut berstatus sebagai Kecamatan ODF. Bahkan pada saat itu Kecamatan Perak adalah kecamatan pertama yang berstatus ODF se Kabupaten Jombang.

“Semoga semangat dan upaya untuk mengubah perilaku menuju perilaku hidup bersih dan sehat dengan tidak buang air besar disembarang tempat, dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Kabupaten Jombang,”tutur Bupati Nyono Suharli Wihandoko usai menyerahkan penghargaan kepada Camat Jombang. (*)