Bangun Trotoar Ramah Disabilitas, Pemkab Anggarkan Rp 2,4 Miliar  - suarajombang.net

Terbaru

Senin, 20 Februari 2017

Bangun Trotoar Ramah Disabilitas, Pemkab Anggarkan Rp 2,4 Miliar 

SUARAJOMBANG.net- Para penyandang disabilitas tidak lama lagi akan menikmati jalan trotoar bagi mereka penyandang kebutuhan khusus ini. Dinas Perumahan dan Pemukiman Kabupaten Jombang akan membangun trotoar dengan sistem khusus. Pembangunan trotoar ini diharapkan para penyandang Disabilitas bisa menggunakan trotoar tersebut sesuai fungsinya.
 
( Arif Gunawan Kepala Dinas Perumahan Dan Permukiman Kabupaten Jombang )

Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim) Kabupaten Jombang Arif Gunawan mengatakan proyek tersebut akan dilakukan tahun ini. Ia mengaku, pihaknya sudah merencanakan untuk merehab trotoar yang ada. Sebab, kata Arif, trotoar yang akan dibangun akan dibedakan. “Trotoar umum dan trotoar khusus disabilitas. Trotoar tersebut berada di jalan KH Wahid Hasyim,” terangnya,Senin (20/2).

Untuk merehab trotoar tersebut anggaran APBD yang digunakan cukup fantastis. Sesuai perencanaan, ujarnya, pihaknya telah menganggarkan sebesar Rp 2,5 miliar. “Rencana arsitektur akan dibuat sebaik mungkin. Agar bisa dinikmati seseorang dengan kebutuhan khusus, kami meminta menyiapkan konsep tersendiri pada bangunan tersebut,” terangnya.


Perubahan trotoar ini jelas akan merubah bangunan sebelumnya, yakni adanya drainase yang berada di bawah trotoar. Arif menjelaskan, drainase nanti akan dibangun dengan menggunakan box culvert. Dia beralasan, bangunan gorong-gorong biasa yang selama ini mengakibatkan sumbatan air. “Bangunan gorong-gorong ini sulit saat dilakukan perawatan. Akibat sumbatan air, banjir di kawasan Ringin Contong Jombang sering kali terjadi,” ujarnya.

Arif mengatakan, meski hingga saat ini masih dalam perencanaan pembangunan, dimungkinkan pada awal bulan Mei atau Juni, pekerjaan secara fisik baru bisa dimulai. Selain itu, kata dia, kalau perencanaan selesai harus menunggu proses lelang proyek.

“Rencananya, pengerjaan sepanjang 500 meter akan dimulai dari titik di Ringin Contong mengarah ke arah selatan hingga sungai yang berada di dekat bekas Gedung Plaza Jombang,” ujar mantan Kadis PU Pengairan ini.(*)