Terkait Kerusakan jalan Nasional, Ini Tanggapan Pemkab Jombang - suarajombang.net

Terbaru

Minggu, 29 Januari 2017

Terkait Kerusakan jalan Nasional, Ini Tanggapan Pemkab Jombang


“Terbentur Kewenangan Pemkab Jombang Hanya Bisa Melaporkan Titik Titik Kerusakan Jalan” 


SUARAJOMBANG.net- Kerusakan yang terjadi di jalan nasional/provinsi membuat pemerintah daerah terkena getahnya. Karena, untuk perbaikan jalan nasional yang ada di Kabupaten Jombang sepenuhnya wewenang pemerintah pusat.

’’Jadi kewenangan ada di pusat, kalau jalan provinsi ya kewenangan Pemprov Jatim, sudah ada klasifikasinya sendiri. Kami hanya sebatas pelaporan di mana titik yang rusak,’’ kata Kepala Dinas PU Penataan Ruang Kabupaten Jombang, Hari Oetomo, (27/1).

Hari Oetomo mengakui sepanjang jalan nasional kondisinya banyak kerusakan. Namun, karena terkendala kewenangan, membuat pemkab tidak bisa berbuat banyak. Perbaikan jalan itu murni ditangani pemerintah pusat atau pemerintah provinsi. Kendati demikian, menurutnya pihaknya sudah berkirim surat ke pihak yang bertanggung jawab pada perbaikan jalan.

’’Kabupaten hanya sebatas melapor dimana titik yang rusak. Tindak lanjutnya nanti dari UPT, sudah ada SOP (standart operating procedure, Red), baik jalan nasional maupun provinsi. Kalau sudah ada laporan biasanya 2 x 24 jam harus diperbaiki,’’ jelasnya.

Nah, karena masih banyak ditemukan jalan yang sudah tidak lagi mulus, ia tidak bisa memastikan apakah nantinya perbaikan dilakukan tambal sulam atau lainnya. ’’Sebenarnya sudah ada sebagian yang ditambal. Mungkin dalam waktu dekat akan ditindaklanjuti, karena minggu lalu sudah kami laporkan,’’ urainya.

Ia menjelaskan, ruas jalan nasional yang melalui Kabupaten Jombang dimulai dari pintu masuk timur di Jalan Raya Mojoagung, berlanjut ke Jalan Soekarno Hatta, Jl Gatot Subroto hingga Kertosono. 


Sedangkan dari arah barat ditambah Jl Nurcholish Madjid, Jl PB Sudirman hingga Jl Brigjen Kretarto tembus Jl Soekarno Hatta. ’’Jadi jalan nasional di Jombang mulai dari arah Mojokerto menuju sampai Kertosono. Serta sebaliknya ada tambahan beberapa ruas jalan,’’ sebutnya.

Sedangkan untuk jalan provinsi di Jombang ada beberapa ruas. Diantaranya, pertama Jombang – Babat (Lamongan), kedua Jombang Kandangan/Pare. Ketiga jalan raya pinggir Sungai Brantas mulai perbatasan Mojokerto hingga perbatasan Nganjuk.(*)