Tingkatkan Kapasitas, Puluhan Aparatur Pemerintahan Desa Di Mojowarno Ikuti Bimtek - suarajombang.net

Terbaru

Senin, 23 Januari 2017

Tingkatkan Kapasitas, Puluhan Aparatur Pemerintahan Desa Di Mojowarno Ikuti Bimtek


MOJOWARNO, SUARAJOMBANG.net- Untuk meningkatkan kapasitas, puluhan aparatur pemerintahan desa se Kecamatan Mojowarno, Selasa (24/1/17) mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) yang digelar selama tiga hari yakni 24-26 Januari 2017 di Ruang Pertemuan RM Sang Diva Mojowarno. 
  
( Purwanto,Asisten I Pemkab Jombang saat membuka sekaligus memberikan materi Bimtek kepada Aparatur pemerintahan desa se kecamatan Mojowarno   /Photo; Jodhie )
Acara yang dibuka oleh Drs.Purwanto MKP Asisten I Bidang Pemerintahan Dan Kesra Pemkab Jombang tersebut diikuti sekitar 70 Aparatur Pemerintah Desa Se Kecamatan Mojowarno.

“kami sadar setelah ada pemeriksaan dari Inspektorat, banyak kekurangan dan kelemahan pada aparatur kami, oleh sebab itu kami mengadakan bimtek ini secara swadaya,”Jelas Habib Ghofir, Ketua Panitia Bimtek.

Habib Ghofir, berharap setelah mengikuti Bimtek peserta bukan hanya tahu tentang bagaimana administrasi desa namun juga sekaligus menguasai. “Oleh karena itu kita mengajak beberapa aparatur desa di setiap desa, hal ini agar para aparatur pemerintahan desa ini mempunyai pengetahuan yang merata tentang administrasi desa,”jelasnya.

Habib menambahkan, dalam bimtek ini sejumlah materi akan disampaikan narasumber dari Badan Pemberdayaan Masyarakat Dan Pemerintah Desa, Dinas PU Bina Marga maupun dari Inspektorat .

“Materi yang disampaikan diantaranya tentang sistem keuangan desa, cara membuat SPJ, bagaimana cara pembuatan Rencana Anggaran , maupun produk produk hukum yang setiap tahun kita temui,”Jelas Pria yang juga Kepala Desa Karanglo,Mojowarno ini.

Habib berharap kedepan para narasumber/tutor dalam bimtek ini benar benar mendampingi peserta agar benar benar menguasai administrasi desa tidak hanya teori namun sekaligus prakteknya.

Saat membuka Bimtek tersebut, Purwanto menyambut baik kegiatan bimtek tersebut. Menurutnya seluruh aparatur pemerintah desa, mulai dari kepala desa, sekdes dan bendahara mau tidak mau harus mengerti dan paham tentang bagaimana cara mengelola administrasi maupun keuangan yang baik dan benar sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

Oleh karena itu, Pria yang akrab dipanggil Cak Gempur ini meminta kepada peserta untuk serius mengikuti bimtek ini. Hal ini, bertujuan agar para aparatur pemerintahan desa terampil dalam membuat Surat Pertanggung Jawaban (SPJ), Pengelolaan Anggaran maupun Rencana Anggaran Biaya (RAB) dengan baik dan benar. “Oleh karena itu saya berharap melalui bimtek ini kedepan sistem pengelolaan keuangan desa bisa lebih baik lagi,”pintanya.

Hadir saat pembukaan diantaranya Kepala BPMPD, Inspektorat, Camat Mojowarno serta Kepala Desa se Kecamatan Mojowarno.(*)