Menteri Pertanian RI, Sampai Tahun Depan Stok Beras Indonesia Aman - suarajombang.net

Terbaru

Jumat, 27 Januari 2017

Menteri Pertanian RI, Sampai Tahun Depan Stok Beras Indonesia Aman

SUARAJOMBANG.net- Keberhasilan tanam padi pada musim pertama tahun ini bakal membuat Indonesia swasembada beras. Sehingga ketersediaan beras di Indonesia hingga tahun depan berada pada titik aman.

Hal itu disampaikan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman saat peresmian Sentra Pelayanan Pertanian Padi Terpadu (SP3T) Korem 082 Mojokerto, di Desa Denanyar, Kecamatan/Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Jum'at (27/1/2017).

"Tahun ini stok beras kita sebanyak 1,6 juta sampai 1,7 juta ton. Tahun lalu hanya 800 - 900 ton, naik dua kali lipat. Untuk tahun ini dan tahun depan, sudah aman, sangat aman," kata Amran Sulaiman.

Dihadapan para Komandan Kodim se Indonesia yang berkumpul di Jombang Jawa Timur dalam rangka peresmian SP3T, Menteri Pertanian meminta agar jajaran TNI membantu pengawalan produksi padi pada musim pertama tahun ini.

Dikatakan, keberhasilan panen padi pada musim pertama tahun ini akan membuat Indonesia mencapai titik swasembada beras dan berpeluang besar melakukan ekspor beras.

"Tahu pak, jika target kita dua bulan ini berhasil mencapai 3 juta ton, tidak ada cerita impor. Tetapi kita sudah berfikir ekspor (beras)," papar Amran Sulaiman.

Sedangkan, KASAD Jenderal TNI Mulyono mengungkapkan, SP3T dibentuk untuk membantu masyarakat dan guna mewujudkan Indonesia swasembada pangan.

Kedepan, kata Jenderal Mulyono, TNI Angkatan Darat akan mendirikan Sentra Pelayanan Pertanian Padi Terpadu di berbagai wilayah. Setiap Komando Distrik Militer (Kodim), nantinya akan bertanggung jawab pada pengelolaan 400 hektare lahan pertanian.

"Seluruh Kodim kita wajibkan. Tentu untuk Kodim yang memiliki wilayah pertanian. Kalau yang di kawasan tidak kita bebankan karena lahannya mau pakai dimana," beber Jenderal TNI Mulyono.

Jenderal Mulyono menandaskan, pembentukan SP3T bukan sebagai langkah politis maupun merupakan ladang bisnis bagi keluarg besar TNI.

Seperti diberitakan, Menteri Pertanian (Mentan) RI, Andi Amran Sulaiman bersama Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) TNI, Jenderal TNI Mulyono melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Jombang, Jumat (26/1/17).

Kunjungan kerja tersebut adalah untuk meresmikan Sentra Pelayanan Pertanian Padi Terpadu (SP3T) yang dibangun oleh Korem 082/CPYJ Mojokerto di Desa Denanyar,Kecamatan/Kabupaten Jombang. Serta untuk meninjau lahan pertanian yang ada di Jombang.(*)